Evaluasi Divisi Teknis Penyelenggaraan, Aplikasi SIREKAP Perlu Disempurnakan

Evaluasi Divisi Teknis Penyelenggaraan, Aplikasi SIREKAP Perlu Disempurnakan

Reporter : Linda Estri Liyananwati

Kediri, kpu-kedirikab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menggelar Evaluasi Divisi Teknis Penyelenggaraan tahapan Pemungutan, Peenghitungan dan Rekapitulasi Suara serta SIREKAP dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (PILBUP) Tahun 2020, Kamis (28/01/2021).

Bertempat di Kecamatan Semen, acara rapat evaluasi diikuti oleh Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan PPK se-Kabupaten Kediri. Hadir memimpin rapat Evaluasi tersebut Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Kediri Anwar Ansori.

Dalam evaluasi tersebut, Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Kediri Anwar Ansori menyampaikan bahwa Aplikasi SIREKAP ini sebetulnya adalah terobosan yang inovatif dalam Pemilihan Serentak Tahun 2020.

“SIREKAP secara visi ini bagus, hanya dalam beberapa fungsi masih perlu disempurnakan,” ungkap Anwar Ansori.

Anwar menjelaskan bahwa sepanjang pemilihan 2020, SIREKAP ini sudah menyita banyak waktu dan energi sehingga sangat sayang jika tidak digunakan.

“Apabila kedepan nanti SIREKAP tetap digunakan sebaiknya ada peningkatan server sehingga tidak banyak trouble ketika hari H rekap atau ada alternatif lain yang tidak membingungkan KPPS,” jelasnya.

Selain SIREKAP, beberapa hal kaitannya teknis pemungutan dan penghitungan suara juga dievaluasi. Evaluasi  berjalan lancar hingga akhir. Selanjutnya hasil evaluasi tersebut akan dijadikan rekomendasi untuk Pemilihan yang lebih baik kedepan. (hupmas/ lyn)