Ketua KPU RI hadiri Rapat Evaluasi Pemilihan Serentak Tahun 2020 Jatim

Ketua KPU RI hadiri Rapat Evaluasi Pemilihan Serentak Tahun 2020 Jatim
Plt. Ketua KPU Republik Indonesia, Ilham Saputra dalam arahannya pada Rapat Koordinasi Evaluasi Tahapan Penyelenggaraan Pemilihan Serentak Tahun 2020. (Kamis, 25/3)

Surabaya,  kpu-kedirikab.go.id –  Bertempat di Hotel Wyndham, hari ke 3 rapat evaluasi masih berjalan sesuai jadwal yang dibuat panitia. 

Pada hari ke-tiga ini dihadiri Plt. Ketua KPU Republik Indonesia, Ilham Saputra. Ilham menyampaikan beberapa poin pada sambutannya Terkait pelaksanaan Pemilihan dimasa Pandemi

“Ada beberapa poin yang ingin saya sampaikan terkait Tahapan pada 2024, menyusun PKPU terkait ijin atau tugas belajar untuk anggota Komisioner, dan menjaga Integritas KPU,” ujar beliau.

Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR, Mendagri, Bawaslu, dan DKPP bahwa KPU telah memaparkan simulasi tahapan pemilu pada 2024 yang jika nanti disetujui persiapan pemilu akan dilakukan selama 30 bulan dimulai September 2021, sehingga dengan persiapan yang cukup panjang diharapkan Pemilu pada 2024 dapat lebih baik daripada 2019.

Kedua dengan kemajuan teknologi yang begitu cepat, maka adaptasi sumber daya manusia dalam mengejar kemajuan dan menghasilkan perubahan, KPU berkomitmen untuk melakukan pengembangan SDM dengan menyusun PKPU terkait ijin atau tugas belajar untuk anggota Komisioner.

Terakhir Ilham berpesan sebagai bagian keluarga KPU, untuk sama-sama menjaga nama baik dan integritas, selalu berpegang kepada kejujuran sebagai kiblat utama agar KPU tetap menjadi lembaga yang dipercaya masyarakat sebagai penyelenggara pemilihan umum. 

Kegiatan dilanjutkan pembagian kelompok dengan KPU Kabupaten Kediri, Ponorogo, dan Lamongan tergabung pada kelompok 4 untuk mengevalusi dan merumuskan rekomendasi atas masalah yang terjadi pada penyelenggaraan Tahapan Pemilihan Serentak Tahun 2020. (bin/pnj)