KPU Kabupaten Kediri Akan Gelar Pleno Tertutup Penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati

KPU Kabupaten Kediri Akan Gelar Pleno Tertutup Penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri, kpu-kedirikab.go.id – Dalam rangka melaksanakan PKPU Nomor 9 Tahun 2020 dan Surat Edaran (SE) KPU RI Nomor 31 Tahun 2020, KPU Kabupaten Kediri akan menggelar pleno Penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati secara tertutup.

Komisioner Divisi Sosdiklih, SDM dan Parmas, Nanang Qosim, menyampaikan KPU RI telah mengintruksikan untuk melakukan perubahan sistem kerja agar dapat beradaptasi terhadap tatanan normal baru produktif dan aman Covid-19, salah satunya terkait mekanisme pengambilan keputusan bagi KPU, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota.

“Mengacu PKPU 9 dan SE 31, hari ini KPU Kabupaten Kediri akan menggelar pleno penetapan pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kediri secara tertutup,” ungkap Nanang Qosim, Rabu (23/09/2020) pagi.

Nanang mengungkapkan bahwa gelar pleno penetapan tersebut sebelumnya akan dilaksanakan secara terbuka, namun begitu turun PKPU 9 dan SE 31 sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Penyebaran Covid-19, maka pleno digelar tertutup tanpa menghadirkan undangan.

“Usai pleno tertutup, KPU akan mengumumkan hasil pleno penetapannya melalui siaran langsung,” tutur Nanang.

Penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kediri ini digelar usai bakal pasangan calon dinyatakan memenuhi syarat sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati. Sebelumnya, KPU Kabupaten Kediri telah menyampaikan hasil verifikasi syarat calon pada Sabtu (19/09/2020) lalu. (hupmas/ lyn)