KPU Kabupaten Kediri Buka Pendaftaran Relawan Demokrasi PILBUP 2020

KPU Kabupaten Kediri Buka Pendaftaran Relawan Demokrasi PILBUP 2020

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri, kpu-kedirikab.go.id – KPU Kabupaten Kediri membuka pendaftaran Relawan Demokrasi (Relasi) dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri Tahun 2020. Pendaftaran dibuka selama lima hari, 2-6 September 2020.

Komisioner Divisi Sosdiklih, SDM dan Parmas, Nanang Qosim menyampaikan bahwa program Relawan Demokrasi ini merupakan gerakan sosial yang dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilih. Program ini melibatkan peran serta masyarakat yang seluas-luasnya di mana mereka ditempatkan sebagai pelopor (pioneer) demokrasi bagi komunitasnya. 

“Relawan demokrasi menjadi mitra KPU dalam menjalankan agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih guna mendorong tumbuhnya kesadaran dan tanggung jawab masyarakat menggunakan hak pilihnya,” ujar Nanang Qosim.

Nanang menjelaskan bahwa program Relawan Demokrasi ini yang digagas KPU melibatkan kelompok masyarakat yang berasal dari 11 (sebelas) basis pemilih strategis yaitu basis keluarga, basis pemilih pemula, basis pemilih muda, basis pemilih 3 perempuan, basis penyandang disabilitas, basis pemilih berkebutuhan khusus, basis kaum marginal, basis komunitas, basis keagamaan, basis warga internet dan basis relawan demokrasi.

“Relasi diharapkan dapat menggerakkan masyarakat tempat mereka berada, agar mau menggunakan hak pilihnya dengan bijaksana serta penuh tanggung jawab, sehingga meningkatkan partisipasi masyarakat (pemilih) dan kualitas Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri Tahun 2020,” tuturnya.

Pendaftaran Relawan Demokrasi dilakukan dengan mengunduh berkas pendaftaran dan mengisi form Pendaftaran Online melalui link yang sudah diumumkan di website KPU Kabupaten Kediri. Kemudian berkas fisik pendaftaran dikumpulkan di Kantor KPU Kabupaten Kediri. (hupmas/ lyn)