KPU Kabupaten Kediri Gelar Pemeriksaan Kesehatan Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati

KPU Kabupaten Kediri Gelar Pemeriksaan Kesehatan Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Malang, kpu-kedirikab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menggelar pemeriksaan kesehatan untuk bakal pasangan calon (bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Kediri Tahun 2020, Selasa (15/09/2020). Pemeriksaan tersebut diselenggarakan di Rumah Sakit Saiful Anwar Malang.

Sekira pukul 07.00 WIB, Tim Pencalonan KPU Kabupaten Kediri, yaitu Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan Anwar Ansori, Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan Agus Hariono didampingi Kasubag Hukum Okie Sidharta bersama Bapaslon Hanindhito Himawan Pramana dan Dewi Mariya Ulfa tiba di Rumah Sakit Saiful Anwar Malang. Rombongan diterima oleh Wakil Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan Saifullah dan Eric Waluyo.

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan Anwar Ansori menyampaikan bahwa pelaksanaan pemeriksaan kesehatan pada hari ini adalah Tes Rohani. Tes Rohani tersebut Psikiatri serta Psikologi.

“Semoga berjalan lancar, kehadiran bapaslon jam tujuh langsung registrasi, briefing oleh dr. Syaifullah kemudian dilanjutkan pemeriksaan oleh HIMPSI,” ujar Anwar Ansori.

Sedangkan pemeriksaan jasmani, kata Anwar, akan diselenggarakan Rabu (16/09/2020) besok. KPU Kabupaten Kediri sudah menyampaikan penjelasan tentang tata urutan pemeriksaan kesehatan jasmani berikut persyaratan yang diminta kepada bapaslon.

"Pemeriksaan kesehatan tersebut meliputi pengambilan darah, NAPZA, pemeriksaan radiologi, jantung, saraf, gigi, paru, telinga dan mata,” ungkapnya.

Dalam pemeriksaan kesehatan jasmani, terang Anwar, bapaslon juga menyertakan hasil tes swab yang sebelumnya sudah diverifikasi oleh KPU Kabupaten Kediri. 

“Untuk hasil pemeriksaan seluruhnya (jasmani dan rohani) akan diserahkan pihak RS ke KPU besok Rabu,” pungkasnya.

Pelaksanaan pemeriksaan kesehatan tersebut merujuk pada Keputusan KPU RI Nomor 412/PL.02.2-kpt/06/KPU/IX/2020 tentang Pedoman Teknis Standar Kemampuan Jasmani dan Rohani serta Standar Pemeriksaan Kesehatan Jasmani, Rohani dan Bebas Penyalahgunaan Narkotika. Penyelenggaraan pemeriksaan kesehatan tersebut juga dihadiri oleh Bawaslu Kabupaten Kediri dan dikawal langsung oleh Polres Kediri. (hukum/ okie)