KPU Kabupaten Kediri Gelar Rakor Persiapan Penetapan DPS

KPU Kabupaten Kediri Gelar Rakor Persiapan Penetapan DPS

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri, kpu-kedirikab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menggelar rapat koordinasi (rakor) persiapan penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS). Rakor tersebut dilaksanakan selama dua hari, 9-10 September 2020.

Bertempat di ruang Media Center KPU Kabupaten Kediri, rakor dilaksanakan dalam dua hari mengundang peserta yang berbeda. Hari pertama KPU Kabupten Kediri mengundang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, diilanjutkan rakor hari kedua mengundang stakeholder. 

Komisioner Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Eka Wisnu Wardhana menyampaikan bahwa penyampaian DPS kepada masyarakat ini dilakukan sebagai bentuk respon KPU terhadap proses transparansi dan mengajak berbagai pihak untuk terlibat aktif dalam mewujudkan daftar pemilih yang berkualitas.

“Selain itu, juga sebagai wadah sosialisasi sekaligus wadah untuk mendapatkan masukan dan tanggapan secara langsung terkait persoalan daftar pemilih,” ungkap Eka Wisnu Wardhana.

Wisnu menjelaskan, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam proses Penetapan DPS adalah KPU menginventarisir hasil dan proses rekapitlasi DPHP di tingkatan PPS dan PPK (A.B.1-KWK dan A.B.2-KWK). Termasuk menginvetarisir setiap masukan dan tanggapan dari pengawas, peserta, maupun pihak-pihak lain yang hadir dalam rapat pleno rekapitulasi DPHP.

“Kami minta teman-teman selalu menjalin koordinasi dengan Panwascam maupun Pengawas Kelurahan/ Desa (PKD), selanjutnya menjadi tugas KPU untuk menindaklanjuti setiap masukan dan tanggapan (yang disertai bukti otentik),” tuturnya.

Dalam rakor tersebut juga disampaikan poin-poin evaluasi mengenai persoalan yang terjadi selama kegiatan pemutakhiran data oleh PPDP hingga rekapitulasi oleh PPS dan PPK. Rakor berjalan lancar dan berakhir pukul 13.. (hupmas/ lyn)