KPU Kabupaten Kediri Gelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Terpilih PILBUP 2020

KPU Kabupaten Kediri Gelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Terpilih PILBUP 2020

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri, kpu-kedirikab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menggelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Terpilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (PILBUP) Tahun 2020, Jum’at (22/01/2021).

Sekira pukul 09.00 WIB, rapat pleno quorum diikuti oleh Lima Komisioner KPU Kabupaten Kediri, Ketua Ninik Sunarmi beserta anggota Eka Wisnu Wardhana, Anwar Ansori, Agus Hariono dan Nanang Qosim. Rapat Pleno dihadiri oleh Komisioner KPU Jawa Timur Nurul Amalia, Ketua Bawaslu Kabupaten Kediri Saidatul Ummah beserta anggota Sukari, Anik Ekowati dan Syaifuddin Zuhri, Pasangan Calon Terpilih Hanindhito Himawan Pramana dan Dewi Mariya Ulfa. Hadir juga sebagai undangan jajaran Forkopimda, LO Pasangan Calon, Partai Politik dan awak media.

Acara dibuka oleh Ketua KPU Kabupaten Kediri Ninik Sunarmi. Dalam sambutannya ia menyampaikan bahwa penetapan ini digelar setelah diterimanya Surat Panitera Mahkamah Konstitusi Nomor 165/PAN.MK/01/2021 tanggal 20 Januari 2021 Perihal Keterangan Perkara PHP-Gub/Kab/Kot Tahun 2021 Yang Diregistrasi di Mahkamah Konstitusi.

“Setelah keluar surat KPU RI tentang Penetapan Pasangan Calon Terpilih tanggal 20 Januari 2021 KPU Kabupaten Kediri melaksanakan rapat pleno untuk menentukan jadwal penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih, maka hari ini digelar Rapat Pleno Terbuka,” kata Ninik Sunarmi.

Ninik menjelaskan, dengan dilaksanakan rapat hari ini, maka tugas dan kewenangan KPU Kabupaten Kediri dalam pemilihan telah selesai.

“Namun KPU Kabupaten Kediri akan melaksanakan evaluasi juga rekomendasi yang digunakan sebagai acuan dalam pemilihan selanjutnya baik mengenai regulasi maupun tahapan-tahapan spesifik pemilihan,” terangnya.

Ia juga menyampaikan bahwa seluruh ikhtiar KPU Kabupaten Kediri ini terbayar dengan suksesnya penyelenggaraan Pemilihan Serentak Tahun 2020. Hal ini salah satunya karena KPU Kabupaten Kediri menerima beberapa penghargaan dari KPU Provinsi Jawa timur, yaitu Penghargaan Terbaik I Kategori Publikasi Website Terproduktif, Terbaik II Penyusunan Daftar Pemilih Berkualitas, Terbaik II Kategori Ketaatan Regulasi Untuk Penyusunan Program dan Anggaran, Terbaik I Kategori Manajemen Pelaksanaan Tahapan Teknis, Terbaik II Kecepatan Publish SIREKAP, Terbaik III Kategori Akurasi Informasi Hasil Pemilihan Serentak Tahun 2020, Terbaik I Kategori Pengelolaan Data dan Informasi Logistik, Terbaik II Evaluasi dan Perencanaan Penganggaran Logistik dan Terbaik II Penyusunan Produk Hukum dalam Pemilihan Serentak Tahun 2020.

“Sekali lagi terima kasih kami sampaikan kepada Pemkab dan DPRD yang sudah memfasilitasi. Forkopimda, Bawaslu, Media dan seluruh elemen masyarakat terima kasih atas dukungan dan kerjasama sehingga pemilihan sukses dan KPU Kabupaten Kediri juga meraih banyak penghargaan,” tuturnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan Rapat Pleno Terbuka yang dipimpin oleh Ketua. Rapat diawali dengan pembacaan Hasil Rekapitulasi Perolehan Suara pada Pemungutan dan Penghitungan tanggal 9 Desember 2020 oleh Divisi Teknis Penyelenggaraan Anwar Ansori. Dilanjutkan dengan penandatanganan dan pembacaan Berita Acara serta Surat Keputusan tentang Penetapan Pasangan Calon Terpilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (PILBUP) Tahun 2020. (hupmas/ lyn)