KPU Kabupaten Kediri Hadiri Evaluasi SIREKAP Pemilihan Serentak Tahun 2020

KPU Kabupaten Kediri Hadiri Evaluasi SIREKAP Pemilihan Serentak Tahun 2020

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Surabaya, kpu-kedirikab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menghadiri Rapat Evaluasi Penggunaan SIREKAP (Sistem Informasi Rekapitulasi) pada penyelenggaraan Pemilihan Serentak Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Jawa Timur Rabu-Kamis, 10-11 Februari 2021.

Bertempat di kantor KPU Jawa Timur,  Jalan Raya Tenggilis Nomor 1-3 Surabaya, rapat evaluasi dihadiri oleh Ketua KPU Kabupaten Kediri Ninik Sunarmi dan Divisi Teknis Penyelenggaraan Anwar Ansori serta Plt. Sub Koordinator bagian Teknis dan Hupmas Bintang Fajar. Acara mengundang 19 KPU Kabupaten/ Kota penyelenggara Pemilihan Serentak Tahun 2020 di Jawa Timur. 

Acara dibuka oleh Ketua KPU Jawa Timur, Choirul Anam. Dalam sambutannya ia menyampaikan bahwa secara umum penggunaan SIREKAP relatif lancar di Jawa Timur .

“Saya cek di sebagian kabupaten/ kota, hasil SIREKAP mendapat hasil yang presisi dengan hasil rekap manual. Hal ini membuktikan bahwa kerja Kawan-kawan KPU Kabupaten/ Kota dan badan adhoc (PPK, PPS, dan KPPS) berjalan dengan baik. Sehingga tidak banyak selisih hasil rekapnya,” ungkap Choirul Anam, Ketua KPU Jatim, Rabu (10/02/2021).

Anam berharap evaluasi tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik untuk menyusun rekomendasi untuk perbaikan SIREKAP kedepan.

“Silahkan nanti dipaparkan satu per satu permasalahan di lapangan seperti apa, serta disusun rekomendasi bersama untuk perbaikan SIREKAP selanjutnya. Hasil dari evaluasi ini selanjutnya akan kita sampaikan kepada KPU RI,” tuturnya. (hupmas/ lyn)