KPU Kabupaten Kediri Lakukan Perpanjangan Pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati 2020

KPU Kabupaten Kediri Lakukan Perpanjangan Pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati 2020

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri, kpu-kedirikab.go.id – Kegiatan penerimaan pendaftaran bakal pasangan calon (bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Kediri Tahun 2020 berakhir, Minggu (06/09/2020) malam, namun hanya ada satu bapaslon yang mendaftar. Hal ini mengharuskan KPU Kabupaten Kediri melakukan perpanjangan pendaftaran.

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan, Anwar Ansori menyampaikan, sesuai dengan ketentuan Peraturan KPU nomor 10 Tahun 2020, dimana dalam pendaftaran bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati tidak terdapat atau hanya terdapat satu bapaslon yang mendaftar pada masa pendaftaran, 4-6 September 2020, maka dilakukan penundaan tahapan hingga dilakukan perpanjangan pendaftaran.

“Mengikuti petunjuk KPU RI, KPU Kabupaten/ Kota melakukan penundaan kemudian menyosialisasikan akan dilaksanakan perpanjangan pendaftaran selama tiga hari, dan kembali membuka pendaftaran (perpanjangan) selama tiga hari usai sosialisasi,” terang Anwar Ansori.

Anwar menjelaskan, sosialisasi perpanjangan pendaftaran dilaksanakan pada 7-9 September 2020 dilanjutkan dengan penerimaan pendaftaran (perpanjangan) kembali pada 10-12 September 2020.

“Syarat dan ketentuan mendaftar sebagai bapaslon masih sama seperti kemarin, partai politik/ gabungan partai politik yang mengusung paslon minimal memperoleh 10 kursi di DPRD Kabupaten Kediri atau memiliki suara sah minimal 230.920 suara,” jelasnya.

Keputusan mengenai perpanjangan pendaftaran bakal pasangan calon (bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Kediri ini dituangkan dalam Keputusan KPU Kabupaten Kediri nomor 563/PL.02.2-Kpt/3506/KPU-Kab/IX/2020 tentang Penetapan Penundaan Tahapan, Program dan Jadwal Pemilihan dalam Penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri Tahun 2020.

“Keputusan ini juga sudah diumumkan di media resmi KPU Kabupaten Kediri,” tambahnya. (hupmas/ lyn)