KPU Kabupaten Kediri Musnahkan Surat Suara Rusak PILBUP 2020

KPU Kabupaten Kediri Musnahkan Surat Suara Rusak PILBUP 2020
Foto : Pemusnahan surat suara rusak di halaman kantor KPU kabupaten Kediri, Selasa (08/12/2020).

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri, kpu-kedirikab.go.id - Sehari menjelang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (PILBUP) Kediri Tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri memusnahkan surat suara yang rusak, Selasa (08/12/2020).

Sekira pukul 09.00 WIB, bertempat di halaman kantor KPU Kabupaten Kediri, Ketua KPU Kabupaten Kediri bersama jajaran anggota memusnahkan ribuan surat suara yang rusak dengan cara dibakar. Hadir dalam pemusnahan itu Bawaslu Kabupaten Kediri, jajaran Forkopimda dan LO/  Tim Pemenangan pasangan calon.

Ketua KPU Kabupaten Kediri, Ninik Sunarmi mengatakan, ribuan surat suara yang dimusnahkan tersebut adalah surat suara yang mengalami kerusakan dan sudah dinyatakan tidak bisa digunakan dalam PILBUP Kediri 2020.

“Sejumlah 5.491 surat suara akan dimusnahkan, ada kategori kerusaknya seperti berbayang, tulisan yang tidak jelas, tidak ada sampul bagian depan yang tercetak, sehingga memang itu dalam kategori rusak,” ujar Ninik Sunarmi.

Ninik Sunarmi menegaskan, rusaknya ribuan surat suara itu tidak mempengaruhi kebutuhan surat suara yang ada. Pasalnya, KPU jauh hari telah mengantisipasinya.

"Setelah dilaakukan penyortiran dan pelipatan mengenai surat suara yang rusak segera kita hubugi percetakan untuk segera diganti, jadi tidak ada pengaruhnya terkait jumlah yang harus kita penuhi,” tuturnya. (Hupmas/ lyn)