​​​​​​​KPU Kabupaten Kediri Sampaikan Salinan SK Penetapan Pasangan Calon Terpilih ke DPRD

​​​​​​​KPU Kabupaten Kediri Sampaikan Salinan SK Penetapan Pasangan Calon Terpilih ke DPRD

Reporter : Linda Estri Liyananwati

Kediri, kpu-kedirikab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menyampaikan Salinan Surat Keputusan (SK) Penetapan Pasangan Calon Terpilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (PILBUP) Tahun 2020 ke Lembaga Legislatif di Kabupaten Kediri, Sabtu (23/01/2021).

Usai digelar Rapat Pleno Terbuka, Jum’at (22/01/2021) kemarin, KPU Kabupaten Kediri segera menyampaikan salinan SK kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kediri selaku Lembaga Legislatif. salinan SK tersebut sesuai SK Asli KPU nomor 21/PL.02.7-Kpt/3506/KPU-Kab/I/2021 tentang Penetapan Pasangan Calon Terpilih Bupati dan Wakil Bupati Kediri Tahun 2020.

Ketua KPU Kabupaten Kediri, Ninik Sunarmi menyampaikan bahwa Salinan SK yang menyatakan pasangan Hanindhito Himawan Pramana dan Dewi Mariya Ulfa (Dhito-Dewi) sebagai Bupati dan Wakil Bupati Terpilih dalam Pemilihan Serentak Tahun 2020 tersebut telah dikirim.

“Sesuai PKPU Pengusulan Pengesahan Pengangkatan calon terpilih paling lama tiga hari setelah penetapan, untuk Kediri karena tidak ada PHP, maka langsung kita kirim hari ini. Dengan begitu usai sudah tugas dan wewenang KPU,” ujar Ninik Sunarmi.

Ninik menjelaskan bahwa penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih itu menjadi proses terakhir di seluruh tahapan pemilihan yang ditangani oleh KPU. 

“Proses selanjutnya ada di ranah DPRD, gubernur, dan Mendagri, sampai akhirnya pelantikan bupati dan wakil bupati,” tuturnya.

SK tersebut selanjutnya akan dipergunakan sebagai dasar dan lampiran dalam Pengusulan Pengesahan Pengangkatan/ Pelantikan Calon Terpilih oleh DPRD Kabupaten Kediri. (hupmas/ lyn)