Kunjungi RPP Digital Joyoboyo Kediri, KPU RI Minta Jadikan Sebagai Sarana Edukasi Masyarakat

Kunjungi RPP Digital Joyoboyo Kediri, KPU RI Minta Jadikan Sebagai Sarana Edukasi Masyarakat

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri, kpu-kedirikab.go.id – Usai melaksanakan kegiatan monitoring dan supervisi tahapan Pemilihan Serentak Lanjutan 2020 di KPU Kabupaten Kediri, Jum'at (21/08/2020), KPU RI juga menyempatkan mengunjungi Rumah Pintar Pemilu (RPP) Joyoboyo KPU Kabupaten Kediri.

Jum’at sore, Deputi Bidang Teknis KPU RI Muhammad Eberta Kawima berkunjung di Rumah Pintar Pemilu (RPP) Digital Joyoboyo. RPP Digital tersebut merupakan inovasi KPU Kabupaten Kediri sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri Tahun 2020.

“RPP Digital milik KPU Kabupaten Kediri ini merupakan RPP dengan sistem digital pertama di Jawa Timur, inovasi ini sudah menjadi pembicaraan di nasional,” ungkap Muhammad Eberta Kawima, Deputi Bidang Teknis KPU RI pada saat mengunjungi Rumah Pintar Pemilu (RPP) Digital Joyoboyo, Jum'at (21/08/2020) sore.

Wima, sapaan akrabnya berharap dengan adanya RPP Digital ini tidak hanya menjadi media KPU Kabupaten Kediri dalam menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Serentak 2020, tetapi juga menjadi sarana edukasi kepada masyarakat.

“RPP ini sangat bagus di era yang serba digital, masyarakat seluruhnya hampir paham teknologi sehingga adanya RPP ini sangat pas. Kami berharap RPP ini tidak hanya menjadi media suskesi pemilihan, tetapi juga menjadi media edukasi untuk masyarakay luas,” ujarnya.

Di dalam RPP Digital tersebut KPU Kabupaten Kediri telah melengkapi dengan ruang audio visual, perangkat voting elektronik (e-voting), dekstop tentang sejarah pemilu, hasil pemilu maupun video-video ajakan memilih dan mencegah penyebaran virus Covid-19. Yang terbaru, KPU Kabupaten Kediri telah menambahkan perangkat podcast yang rencananya akan dilaunching Sabtu (22/08/2020) besok. (hupmas/ lyn)