Meskipun Pandemi, KPU Kabupaten Kediri Berhasil Tingkatkan Parmas PILBUP 2020

Meskipun Pandemi, KPU Kabupaten Kediri Berhasil Tingkatkan Parmas PILBUP 2020
Foto : Komisioner Divisi Sosdiklih, SDM dan Parmas, Nanang Qosim saat menggunakan hak pilih di TPS, Rabu (09/12/2020).

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri,  kpu-kedirikab.go.id – Meskipun digelar pada saat pandemi Covid-19, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri berhasil meningkatkan angka partisipasi masyarakat pemilih (parmas) dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (PILBUP) Kediri Tahun 2020.

Komisioner Divisi Sosdiklih, SDM dan Parmas, Nanang Qosim mengungkapkan bahwa angka partisipasi masyarakat pemilih pada PILBUP Tahun 2020 naik sebanyak kurang lebih 5 persen dari PILBUP yang digelar tahun sebelumnya, yakni Tahun 2015.

“Parmas kali ini naik di angka kisaran 65,23 persen, naik 5 persen dari Tahun 2015,” ungkapnya.

Kenaikan ini, Nanang menjelaskan, tentunya tidak luput dari hasil kerja keras seluruh penyelenggara dalam sosialisasi dan memberikan pendidikan pemilih kepada masyarakat sejak awal tahapan hingga sehari menjelang dilaksanakannya pemungutan suara.

“Dalam sejarah kepemiluan di Kediri, walaupun masih dibawah target KPU RI 77,7 persen, namun tetap patut kita syukuri prestasi ini. Sebab kita mampu mempertahankan parmas bahkan naik dari tahun sebelumnya, meskipun pemilihan digelar saar pandemi dan dengan satu pasangan calon,” jelasnya.

Atas nama KPU, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada seluruh penyelenggara, mulai dari jajaran KPU, PPK, PPS, PPDP, KPPS hingga Relawan Demokrasi yang telah bekerja keras sosialisasi menyukseskan PILBUP Tahun 2020 ini.

“Terima kasih juga disampaikan kepada peserta pemilu, pasangan calon, Tim Kampanye, termasuk juga Relawan Bumbung Kosong yang telah menjaga jalannya proses demokrasi di Kediri ini berjalan baik,” tuturnya.

Ia menjelaskan, bahwa meskipun pemilihan digelar dengan satu pasangan calon tetapi tetap ada persaingan saling berlomba-lomba sosialisasi ke masyarakat untuk menggunakan hak pilih ke TPS. Entah itu memilih kolom kiri atau kolom kanan.

“Terakhir terima kasih untuk seluruh warga Kabupaten Kediri yang telah menggunakan hak pilihnya, kesuksesan ini milik kita bersama,” pungkasnya. (hupmas/ lyn)