Mutakhirkan Data Pemilih dan Bentuk Bakohumas KPU Kabupaten Kediri Gelar Rakor dengan Bawaslu

Mutakhirkan Data Pemilih dan Bentuk Bakohumas KPU Kabupaten Kediri Gelar Rakor dengan Bawaslu
KPU Kabupaten Kediri Gelar Rakor dengan Bawaslu Guna Mutakhirkan Data Pemilih
Mutakhirkan Data Pemilih dan Bentuk Bakohumas KPU Kabupaten Kediri Gelar Rakor dengan Bawaslu

Kediri, kpu-kedirikab.go.id –Pagi ini Kamis 08/04/2021 Bertempat di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri dilaksanakan Rapat Koordinasi dengan Bawaslu. Rakor kali ini membahas tentang Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan sebagai upaya pemenuhan data pemilihan serentak tahun 2024.

Rapat diikuti oleh Anggota KPU Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM, Nanang Qosim, Divisi Hukum dan Pengawasan Agus Hariono, Divisi Perencanaan Data dan Informasi Eka Wisnu Wardhana, Divisi Teknis Penyelenggara Anwar Ansori, dan 4 orang Komisioner Bawaslu didampingi staf.

Ketua Bawaslu Kabupaten Kediri, Sa’idatul Umah mengatakan ada beberapa poin yang ingin disampaikan terkait rakor pada saat ini terkait Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan.

“Rapat koordinasi ini adalah menghimbau KPU menggunakan DPT, DPTb, dan DPK Pemilu sebagai bahan pemutakhiran data, melakukan penyesuaian daftar pemilih kedalam SIDALIH, melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait pemutakhiran data pemilih, melakukan rekapitulasi daftar pemilih berkelanjutan, dan mengumumkan daftar pemilih berkelanjutan di website KPU” ujarnya.

Sa’idatul menambahkan waktu melakukan input data KPU diharapkan memperhatikan Data Ganda, data Pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS), dan data Pemilih yang sudah memenuhi syarat.

Pada rapat tersebut juga dibahas terkait koordinasi pembentukan BAKOHUMAS Kabupaten Kediri yang pada Surat Keputusan KPU - RI nomor 172/HM.02-kpt/06/KPU/III/2021 tentang pembentukannya, Bawaslu menjadi salah satu lembaga yang masuk dalam keanggotaannya. sehingga dengan diadakannya rapat ini menjadi awal progres pembentukan di wilayah Kabupaten Kediri dan nantinya diharapkan semua informasi terkait kepemiluan dan demokrasi dapat secara masif tersampaikan kepada masyarakat kabupaten Kediri. (bin/pnj)