Penetapan Pasangan Calon Terpilih, Dhito-Dewi Resmi Jadi Bupati dan Wakil Bupati Kediri Tahun 2020

Penetapan Pasangan Calon Terpilih, Dhito-Dewi Resmi Jadi Bupati dan Wakil Bupati Kediri Tahun 2020

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri, kpu-kedirikab.go.id – Dalam Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Terpilih Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (PILBUP) Kediri Tahun 2020, Jum’at (22/01/2021), pasangan Hanindhito Himawan Pramana dan Dewi Mariya Ulfa (Dhito-Dewi) resmi ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati.

Dalam rangkaian rapat pleno tersebut, Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan Anwar Ansori menyampaikan bahwa dasar penetapan pasangan calon terpilih adalah hasil akhir SIREKAP berdasarkan rekapitulasi perolehan suara pada pemungutan dan penghitungan suara yang digelar tanggal 9 Desember 2020.

“Dalam penetapan ini, kita sama-sama memastikan bahwa dasar penetapan ini sudah sesuai dengan hasil rekapitulasi perolehan suara yaitu, Kolom Kiri/ Pasangan Calon Hanindhito Himawan Pramana dan Dewi Mariya Ulfa mendapat 590.644 suara dan Kolom Kanan/ Kolom Kosong 181.155 suara,” ujar Anwar Ansori.

Anwar menjelaskan, melalui hasil rekapitulasi perolehan suara, serta tidak adanya Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) yang tercatat dalam Buku Register Perkara Konstitusi (BRPK) Mahkamah Konstitusi selanjutnya menjadi tugas dan weweang KPU menetapkan pasangan calon terpilih Bupati dan Wakil Bupati Kediri Tahun 2020.

“Maka dengan demikian penetapan pasangan calon terpilih ini bisa dilakukan. Setelah itu KPU akan mengajukan pengusulan penetapan paslon terpilih kepada DPRD Kabupaten Kediri,” terangnya.

Kemudian, Ketua KPU Kabupaten Kediri, Ninik Sunarmi membacakan Berita Acara (BA) Rapat Pleno Terbuka tersebut. Dalam BA tersebut dinyatakan pasangan Hanindhito Himawan Pramana dan Dewi Mariya Ulfa (Dhito-Dewi) ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Terpilih dalam Pemilihan Serentak Tahun 2020.

“Berdasarkan berita acara dan sertifikat Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara dari kecamatan di tingkat kabupaten, Keputusan KPU Kabupaten Kediri tentang Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, Surat Panitera Mahkamah Konstitusi nomor 165/PAN.MK/01/2021 dan Surat Dinas KPU RI nomor 60/PL.02.7-SD/03/KPU/I/2021, KPU Kabupaten Kediri menetapkan pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kediri Terpilih adalah Kolom Kiri, Hanindhito Himawan Pramana dan Dewi Mariya Ulfa,” ujar Ninik Sunarmi.

Selanjutnya BA tersebut dibuat rangkap lima dan disampaikan kepada DPRD Kabupaten Kediri, Partai Politik/ Gabungan partai Politik, Pasangan calon Terpilih, Bawaslu dan KPU RI melalui KPU Provinsi Jawa Timur. (hupmas/ lyn)