EVALUASI TAHAPAN PELAPORAN DANA KAMPANYE PEMILU 2019

 Parmas 29 October 2019  Berita
EVALUASI TAHAPAN PELAPORAN DANA KAMPANYE PEMILU 2019

Kediri, kpu-kedirikab.go.id – Sebagai rangkaian kegiatan evaluasi, KPU Kabupaten Kediri melaksanakan Rapat Evaluasi Pelaksanaan Tahapan Laporan dan Audit Dana Kampanye Peserta Pemilu 2019. Evaluasi dilaksanakan di Warung Upnormal, Kota Kediri Selasa (29/10/2019). Acara dibuka oleh Ketua KPU Kabupaten Kediri jalannya evaluasi berlangsung lancar dengan menghasilkan DIM serta rekomendasi yang akan disampaikan kepada KPU RI guna perbaikan penyelenggaraan Pemilu yang akan datang.

Adanya prinsip akuntabititas yang merupakan bagian dari pertanggungjawaban partai politik dalam penyampaikan laporan berapa penerimaan dan pengeluaran kampanye caleg-calegnya. meskipun ada asas lain. laporan dana kampanye yang dilakukan tidak hanya sebagai formalitas namun digunakan juga sebagai laporan yang sebenarnya. penyampaian laporan dana kampanye ini cukup penting mengingat adanya sanksi tegas yang termuat pada norma Pasal 338 UU Nomor 7 Tahun 2017 yang isinya dapat membatalkan kepersertaan sebagai peserta pemilu bagi yang tidak melakukan sesuai dengan ketentuan.

Beberapa Evaluasi dilakukan terhadap tahapan pelaporan dana kampanye adalah sebagai berikut:

  • Perlu ada peningkatan kompetensi SDM, paham regulasi, paham aplikasi, dan untuk fasilitas layanan agar yang melayani konsultasi tidak berganti-ganti orang/petugas.
  • Bimtek perlu di perbanyak dengan tutor yang mumpuni dan tidak terlalu padat.
  • Jika dimungkinkan pelaporan dan kampanye dilakukan sebelum pencoblosan.
  • Format dalam aplikasi menggunakan excel agar mudah dipahami.
  • Aplikasi sudah final sehingga tidak berubah-ubah dan mudah di aplikasikan.
    Penyimpanan berbasis online
  • penyederhanaan kembali menu-menu di aplikasi

 

Berita Lainnya