Fokus Groub Discussion Bersama Penyelenggara Pemilu 2019

 Shilvy 03 January 2019  Berita
Fokus Groub Discussion Bersama Penyelenggara Pemilu 2019

Kediri 3 januari 2019, KPU Kabupaten Kediri bersama The Institute  menggelar Focus Group Discusion (FGD) di Warung Daun Kabupaten Kediri. Acara dihadiri oleh Bawaslu Kabupaten Kediri, Panwascam, Ketua PPK se kabupaten Kediri.

FGD dengan tema Menakar Demokrasi Partisipasi Partisipatif dalam Pemilu 2019 ini disampaikan oleh Dr. Sufyanto Direktur Pusat Study Politik The Republik Instituate. Acara yang pertamayaitu sambutan dari Ketua KPU Kabupaten KediriSapta Andaruisworo dimana dalam sambutannya beliaumenyampaikan pentingnya kita sebagai penyelenggara Pemilu harus terus berkoordinasi saling memberi masukandan saran demi terwujudnya pemilu 2019.

Kegiatan awaltahun ini diisi dengan pemaparan The Republik Institution yang melakukan penelitannya di Karisidenan Kediri. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode survei. Survei dilakukan pada 10-20 November 2018 oleh 10  Enumerator, 2 Koordinator Lapangan, 2 Supervisior, 2 Analis Data.

Dari data yang sudah dihimpun ada beberapa yang memang harus di khawatirkan oleh KPU dan Bawaslu. yaitu adanya ketertarikan masyarakat mengenai politik uang. sehingga dalam bahasannya ini banyak disinggung tentang solusi money politik dan saran dari the republik institution. Selaintentang money politikdalam FGD iniinijuga dijelaskan tentang media dan kampanye, dari data yang disebutkan the repbublik instituate bahwa banyaknya masyarakat yang menyatakan tatap muka adalah media yang relevan dalam mengenali calon. sehingga model kampanye yang disukai adalah door to door.

Dengan pertemuan inilah penyelenggara pemilu mampu mengambil kebijakan yang sesuai dengan keadaan lapangan. dengan mengerti kondisi masyarakat, KPU kabupaten Kediri berusaha untuk meningkatkat partisipasimasyarakat dan kredibelitasmasyarakat terhadap penyelenggaraan Pemilu serentak 2019.

Berita Lainnya