KPU Kabupaten Kediri Rekrut Relawan Demokrasi Pilgub Jatim 2018 Untuk Mendongkrak Partisipasi Pemilih

 Shilvy 15 March 2018  Berita
KPU Kabupaten Kediri Rekrut Relawan Demokrasi Pilgub Jatim 2018 Untuk Mendongkrak Partisipasi Pemilih

KPU Kabupaten Kediri menambah amunisi Tenaga Sosialisasi untuk meningkatkan Partisipasi Pemilih dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Tahun 2018. Kemarin sore (14/3/2018) bertempat di Waroeng Daun Kediri, KPU membekali 10 Relawan Demokrasi tersebut dengan memberikan bimbingan Teknis tentang Demokrasi dan Kepemilikan khususnya seputar Pilgub Jatim 2018.

Kesepuluh Relawan Demokrasi tersebut akan melengkapi tugas Penyelenggara Pemilu mulai dari Panitia Badan Ad-Hoc PPK (disetiap 26 Kecamatan) dan PPS (di 344 Desa) se-Kabupaten Kediri. Mereka bertugas selama 4 bulan, Maret, April, Mei, dan Juni 2018.

Meski dirasakan jauh dari memadai untuk Kabupaten Kediri yang memiliki wilayah yang membentang luas dengan jumlah pemilih mencapai 1.000.000 lebih, tetaplah Relawan Demokrasi diharapkan menjadi sumber motivasi bagi masyarakat serta Pioner didalam ikut aktif menyebarluaskan pentingnya berpartisipasi dalam Pemilu/Pemilihan. Relawan Demokrasi diharapkan mampu menumbuhkan kembali kesadaran positif terhadap pentingnya Pemilu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dengan menggerakkan partisipasi masyarakat tempat mereka tinggal, agar bersedia menggunakan hak pilihnya dengan cerdas, bijak dan penuh tanggung jawab sehingga Partisipasi Pemilih di Kabupaten Kediri meningkat dibanding Pemilihan sebelumnya. Lebih dari itu diharapkan kualitas Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Tahun 2018 menjadi lebih baik.

Mohamad Syamsuri, Komisioner Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Kediri mengharapkan
"Relawan Demokrasi dan seluruh Penyelenggara Pemilu/Pemilihan, kami harapkan mampu menciptakan pra kondisi Pemilih yang berkualitas, yang tidak dapat dibohongi, pemilih yang mampu menolak pemaksaan hak pilih, pemilih mampu berpartisipasi aktif dalam pemilihan, tunduk pada Peraturan Pemilu, menghargai perbedaan pendapat dan pilihan, dan tumbuh pada diri masyarakat Kabupaten Kediri akan Political Trust."

 

Berita Lainnya