KPU Kabupaten Kediri Simulasikan Pengisisan C1 Pada Bimbingan Teknis Pemungutan dan Penghitungan Suara

 Shilvy 05 March 2019  Uncategories
KPU Kabupaten Kediri Simulasikan Pengisisan C1 Pada Bimbingan Teknis Pemungutan dan Penghitungan Suara

Selasa, 5 Maret 2019 KPU Kabupaten Kediri laksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) di DePratnya Hotel pukul 08.00. Acara yang dihadiri oleh Ketua dan Anggota PPK dari 26 Kecamatan di Kabupaten Kediri, Total Sejumlah 130 oarang hadir pada acara ini.

Awal acara dibuka dengan sambutan Ketua KPU Kabupaten Kediri Sapta Andaruisworo. dalam sambuatannya ini Sapta berpesan untuk seluruh penyelenggara bersiap-siap dengan waktu yang sudah mendekati hari pemungutan suara.

"harus siap, harus bisa membagi jadwal dan kegiatan. Untuk lipat suara kami serahkan pada pekerja harian lepas saja" Ungkapnya

Sepertiyang diketahui, sebelumnya pada lipat dan sortir surat suara Pilkada Tahun 2018 diserahkan kepada Anggota PPK. namun kali ini PPK harus fokus mendapatkan Bimtek dan koordinasi dengan PPS untuk memberikan informasidi tingkat bawahnya. disampaikan juga dari Divisi Logistik bahwa KPU Kabupatn Kediri sudah membuat Timeline untuk pendistribusian logistik kepada PPK dan PPS. nantinya timeline ini dijadikan acuan pengesetan, pengepakandan pendistribusian Logistik.

Sebelum Bimbingan Teknis terdapat pengarahan Umum dari seluruh komisioner KPU Kabupaten Kediri. Eka Wisnu Wardhana menyampaikan hal-hal terkait dengan pendataan Pindah Pilih (A5). disampaikan bahwa pelayanan tetap dibuka pada tingkat PPS maupun PPK. bahwa tiap minggu PPK akan mengirimkan progres report masyarakat yang melakukan pindah pilih.

"Terkait dengan segala sesuatu yang berubah pada tingkat PPS, monggo untuk ditindak lanjuti. Pelayanan Pindah Pilih masih dilayani. Rekap tiap minggu, Sabtu ini diisi minggu dilaporkan" Ungkapnya kepada PPK.

Sedangkan di lain kesempatan Moh Syamsyuri menjelaskan tentang Pengumuman KPPS yang sudah harus terpasang pada masing-masing Desa.

"PPK harus melakukan internal control terhadap PPS, harusnya memonitoring ke desa-desa untuk memastikan pendaftarannya"

Seletah pemaparan dari seluruh Komisioner, selanjutnya yaitu Bimbingan Teknis yang disampaikan oleh Hamdan Arfarina Anggota Komisioner Divisi Teknis. dalam kesempatan ini Hamdan menyinggung tentang apa saja kelengkapan yang harus ada di dalam kotak suara dan diluar kotak suara. Selain itu Hamdan menjelaskan tentang siapa saja yang berhak mendapatkan salinan C1.

Pada akhir sesi Bimtek, digunakan untuk simulasi pengisian C1 dimana setiap PPK diberikan soal dan dapat menuangkan jawaban tersebut ke formulir C1. Target bimbingan teknis kali ini adalah untuk mensukseskan pemungutan dan penghitungan suara pada hari H, sukses administrasi sertifikat C1, sukses rekapitulasi di PPK, KPU Kab/Kota & Provinsi, Sukses Situng, dan sukses pada rekap nasional.

Berita Lainnya