MENJAMIN HAK PILIH PILGUB JATIM, TPS HARUS RAMAH BAGI PENYANDANG DISABILITAS

 Shilvy 08 March 2018  Berita
MENJAMIN HAK PILIH PILGUB JATIM, TPS HARUS RAMAH BAGI PENYANDANG DISABILITAS

Surabaya, kpujatim.go.id– Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim), diwajibkan ramah terhadap segmen disabilitas. Tidak hanya dalam hal sarana, sisi pelayanan terhadap disabilitas untuk menyalurkan hak pilihnya juga harus ramah.

Divisi Teknis Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim), Muhammad Arbayanto menyatakan seluruh TPS dan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pigub Jatim, diminta untuk memberikan pelayanan yang baik dan ramah. Utamanya, kepada pemilih dengan penyandang disabilitas.

“Untuk TPS yang mempunyai daftar pemilih disabilitas, nantinya dalam pemungutan suara harus memberikan pelayanan yang ramah,” ujarnya.

Pria yang akrab dipanggil Arba ini menjelaskan, beberapa tolak ukur layanan yang ramah di antaranya mendahulukan pemilih penyandang disabilitas dan terjamin kesediaan alat bantu coblos Braille (Template).

Pintu masuk TPS menurutnya, juga harus aksestable bagi penyandang cacat yang berkursi roda, antara lain ukuran lebar pintu dapat dilalui oleh kursi roda atau lebih dari dari 80 cm, akses menuju pintu yang ada TPS tidak sampai beranak tangga dan perbedaan permukaan lantai setinggi 50 cm.

“Jalan menuju TPS tidak terdapat parit, berumput, penuh lubang atau batu yang menyebabkan penyandang disabilitas yang memakai kursi roda kesulitan menempuhnya,” terang Arba.

Dia menambahkan, bagi petugas KPPS Pilgub Jatim yang di TPS-nya terdapat pemilih disabilitas, juga harus memberi kemudahan. Setidaknya, membantu memasukkan surat suara ke dalam alat bantu coblos template bagi pemilih penyandang tuna netra, serta menuntun pemilih penyandang tuna netra ke dalam TPS.

“Kalau memang memungkinkan, petuga KPPS juga harus mengangkat pemilih penyandang berkursi roda untuk melewati hambatan, atau memindahkan bilik suara agar mudah diakses oleh penyandang disabilitas,” pungkasnya.

(MC – BAY)

Original Posted by KPU Jawa Timur

Berita Lainnya