PELAPORAN DANA KAMPANYE

 Shilvy 15 September 2018  Uncategories
PELAPORAN DANA KAMPANYE
Rabu, 12 September 2018 KPU Kab Kediri telah melakukan bimbingan teknis penerapan aplikasi dana kampanye pemilu 2019. Bimbingan teknis ini terkait dengan PKPU No 24 tahun 2018 Tentang Dana Kampanye, serta PKPU no 29 Tahun 2018. Acara yang digelar sebagai bentuk layanan KPU kepada Peserta Pemilu tahun 2019 ini berlangsung di Lotus Hotel & Resort.

Hadir dalam acara tersebut adalah LO, Operator Partai Politik, Bawaslu, dan  Instansi terkait. Acara ini terselenggara 2 Sesi, yaitu sesi pertama materi Pelaporan Dana Kampanye yang dijelakan oleh Ketua KPU Kab. Kediri, Sapta Andaruisworo. Dalam pemaparannya Ia menekankan bahwa Partai Politik Peserta Pemilu Anggota DPRD yang terlambat/tidak menyerahkan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) sampai dengan batas waktu yang telah ditentukan, maka akan diberikan sanksi pembatalan sebagai Peserta Pemilu pada wilayah pemilihan yang bersangkutan. Perlu diketahui pula LADK ini akan ditutup 1 (hari) sebelum masa kampanye. Tidak hanya itu, Dalam pemaparan ini juga dijelaskan tentang ketentuan-ketentuan sumbangan yang boleh diberikan kepada Partai Politik Peserta Pemilu 2019.

Sedangkan sesi kedua adalah pemaparan yang dilakukan oleh Sekretariat KPU Kab Kediri, Bintang Fajar. Sebagaimana pelaporan yang harus dibuat oleh Partai Politik Peserta Pemilu 2019, KPU RI meluncurkan Aplikasi baru guna menunjang pelaporan dana kampanye. Aplikasi ini adalah aplikasi baru yang dibuat untuk membantu Peserta Pemilu 2019 melaporkan penerimaan dan pengeluaran dana-dana kampanye. Sehingga KPU Kabupaten Kediri berharap aplikasi ini nantinya akan banyak membantu Partai Politik maupun KPU Kabupaten Kediri dalam hal penghimpunan data dan transparasi dana kampanye.


Berita Lainnya