PERAN SOSIALISASI DALAM PILKADA

 Shilvy 29 December 2017  Berita
PERAN SOSIALISASI DALAM PILKADA

Kediri - PPS harus betul-betul mengetahui setiap jadwal tahapan Pilgub Jatim mendatang, hal tersebut disampaikan oleh Ketua Divisi Data PPK Kecamatan Tarokan Edy Suhartanto dalam acara Rakor PPK dan PPS Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur se-kecamatan Tarokan Kamis 28 Desember 2017. Tampak Hadir dalam Rakor yang diadakan di Pendopo Kecamatan Tarokan tersebut Kasie Pembangunan Lilik Sugiharti, SH. MH. mewakili Camat Tarokan, Intelkam Polsek Tarokan Nurhidayat, Ketua Panwascam Tarokan Miftakhurahman dan anggota, Sekretaris dan anggota Sekretariat PPK Tarokan serta seluruh anggota PPS sekecamatan Tarokan.
Dalam pemaparannya Edy Suhartanto mengungkapkan PPS harus betul-betul memperhatikan ketepatan waktu dalam pelaksanaan tahapan dan jadwal Pilkada Jatim tahun 2018.
Sementara itu Ketua Divisi Teknis PPK Tarokan Nuning Suprihatin meminta kepada PPS sekecamatan Tarokan, dalam hal perekrutan PPDP hendaknya PPS memilih orang yang betul-betul hafal dengan daerah dan penduduk di wilayah kerjanya, lebih jauh Nuning mengungkapkan PPDP tidak akan bisa bekerja secara maksimal apabila tidak hafal dengan masyarakat dan daerah diwilayah kerjanya.
Menanggapi pertanyaan Ketua PPS Kedungsari M. Yunus tentang bagaimana PPDP harus bersikap terhadap orang yang tidak mau didata, Ketua PPK Kecamatan Tarokan Isa Ansori memaparkan PPDP setelah menerima DP4 yang sudah dibagi oleh PPS berdasarkan wilayah per TPS, hendaknya berkoordinasi dengan Ketua RT untuk mengecek apakah nama-nama yang ada dalam Daftar tersebut betul-betul masyarakat diwilayahnya. Lebih jauh Isa Ansori menuturkan selain hal tersebut masuk dalam kategori etika yang baik, juga sebagai fungsi backup apabila ada masyarakat diwilayahnya tidak mau didata maka PPDP bisa mohon pendampingan PPS dan Ketua RT setempat agar membantu menjelaskan betapa pentingnya proses pemutakhiran data pemilih tersebut. "Maka dari itu disinilah betapa pentingnya sosialisasi agar masyarakat memahami tahapan dan fungsi dari masing-masing tahapan Pilkada" tegas Ketua PPK Tarokan tersebut. (Isa)

Berita Lainnya