PSU TPS 004 SUSUH BANGO KAB. KEDIRI

 Shilvy 01 July 2018  Berita

Kediri (beritajatim.com)-- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri akan menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) di satu Tempat Pemungutan Suara (TPS).

PSU dilaksanakan setelah Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) setempat menemukan adanya pasangan suami-istri (pasutri) dari luar daerah yang mencoblos di Kediri, tanpa menunjukkan form A5, pada 27 Juni 2018.

Ketua KPU Kabupaten Kediri, Sapta Andaru Iswara mengatakan, berdasarkan keputusan rapat pleno, PSU akan dilaksanakan di TPS 004 Desa Susuh Bango, Kecamatan Ringinrejo, Minggu (1/7/2018) hari ini. Saat ini KPU sedang melakukan serangkaian persiapan.

"Mulai kelengkapan logistik sudah kita mintakan ke KPU Provinsi Jatim. Sekarang ada di KPU Kabupaten Kediri tinggal kesiapan di TPS," kata Sapta Andaru Iswara, Sabtu (30/6/2018).

Diakui Sapta, apabila petugasnya (KPPS) melakukan kesalahan, penyelenggara di TPS memberikan kesempatan pemilih dari luar kota menggunakan hak pilihnya di Kabupaten Kediri tanpa form A5 (pindah pilih). Mereka ada dua warga setempat yang sudah pindah domisi ke Kabupaten Jember.

"Awalnya dia penduduk asli di desa tersebut. Kemudian dia nikah dan pindah domisili. Pada saat pemungutan suara berlangsung, 27 Juni 2018 keduanya pulang karena hari libur. Lalu menggunakan hak pilihnya di TPS 004," beber Sapta.

Kedua pemilih ini, terus Sapta, memiliki C6 yang terdaftar di DPT tempat tinggalnya di Jember. Tetapi mereka lupa untuk mengurus A5 pindah pilih di Kabupaten Kediri.

"Petugas kami menerima keduanya setelah menunjukkan E-KTP. Pemikiran petugas karena ini Pilgub, maka cakupan wilayahnya se- Jawa Timur dan sudah menunjukkan KTP, sehingga diberikan hak memilih. Tetapi harusnya menunjukkan A5 pindah pilih," tandas Sapta.

Ketua KPU Kabupaten Kediri mengakui kesalahan yang dilakukan penyelenggara. Tapi, pihaknya menyayangkan kurang tanggapnya pengawas di TPS yang tidak melakukan teguran secara langsung sehingga persoalan tersebut bisa langsung diatasi saat itu juga.

: Berita Jatim

Berita Lainnya