Sambut Pilkada 2020, KPU Kabupaten Kediri Gelar Analis Hasil Pengolahan Data Pemilu

 Parmas 08 October 2019  Berita
Sambut Pilkada 2020, KPU Kabupaten Kediri Gelar Analis Hasil Pengolahan Data Pemilu

Kediri, kpu-kedirikab.go.id – Selasa (08/10/2019) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri Gelar Rapat Koordinasi Analis Hasil Pengolahan Data da Evaluasi Sistem Pemilu dan Pilkada. Acara yang dihadiri oleh Forkopimda, Bawaslu, Partai Politik Peserta Pemilu 2019, Ormas, serta OKP Kabupaten Kediri dalam Acara Evaluasi Penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019 di Hotel Bukit Daun.

Acara yang dihadiri oleh 50 Peserta ini dibuka oleh Ketua KPU Kabupaten Kediri yang diwakili oleh Eka Wisnu Wardhana. Dalam sambutannya Ninik menyampaikan bahwa penyelenggaran pemilu serentak 2019 ini telah usai, maka perlu menginjak ke tahap selanjutnya yaitu evaluasi tahap per tahapan. Masalah dan rekomendasi diharapkan mampu diberikan kepada KPU untuk membuat sistem pemilu lebih efisien lagi nantinya. Wisnu juga menerangkan bahwa pada akhir kegiatan ini akan ada hasil evaluasi yang rangkum dan disampaikan sebagai Daftar Inventaris Masalah.

Kegiatan ini diisi dua narasumber, yaitu narasumber pertama Insan Qoriawan Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur dan Anwar Anshori Komisioner Kabupaten Kediri. Insan Qoriawan menyampaikan terkait Silon, Sipol, dan Situng. Selain itu Insan juga menjelaskan tentang penyerahan dukungan perseorangan. Untuk penyerahan persyaratan dukungan perseorangan mulai tanggal 11 Desember - 5 maret, dan hanya 1 kali penyerahan.

"Pengumpulan syarat dukungan harus memenuhi jumlah minimum, jika tidak perseorangan hanya akan menerima tanda terima pengembalian saja" Ungkap Insan

Sedangkan Anwar Anshori Pemateri ke 2 menyampaikan terkait Analis Hasil Pengolahan Data. Setelah Situng dijadikan acuan, nantinya akan ada e-rekap untuk menunjang keterbukaan sistem informasi kepada masyarakat dan menjadi alat bukti sebagai gugatan. Persiapan untuk Pilkada akan dilakukan oleh KPU Kabupaten Kediri. Salah satunya adalah perbaikan dalam perekrutan Badan Adhoc yang akan dilakukan pada januari mendatang.

Terakhir, SDM dan sistem harus diperbaiki. SDM dalam hal ini terkait dengan penyelenggara pemilu yang mumpuni untuk menjalankan sistem pemilu yang sudah dibuat. Harapannya dengan evaluasi pemilu 2019, KPU Kabupaten Kediri mampu menggelar Pilkada 2020 dengan lancar.

 

 

 

Berita Lainnya