Sosialilasikan Tahapan Kampanye ke PKK se Kabupaten Kediri

 Shilvy 04 December 2018  Berita
Sosialilasikan Tahapan Kampanye ke PKK se Kabupaten Kediri

Kediri, 3 Desember 2018 KPU kabupaten Kediri melaksanakan kegiatan sosialisasi tahapan kamapnye pemilu 2019 kepada Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PPK) di Pendopo Kabupaten Kediri.

Sosialisasi ini dihadiri oleh Ibu-ibu PKK se kabupaten Kediri. Dalam kegiatan ini dijelaskan mengenai hal-hal yang terkait dengan tahapan-tahapan pemilu. Mulai dari penyusunan daftar pemilih, pengadaan logistik, hingga tahapan yang sekarang yaitu kampanye, seperti metode kampanye sertai terakit dengan alat peraga kampanye dan bahan kampanye.

Metode kampanye, antara lain pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka dan dialog, penyebaran bahan kampanye kepada umum, pemasangan alat peraga kampanye, dan atau kegiatan lain yang tidak melanggar larangan kampanye dan ketentuan peraturan perundang-undangan.

"jika ada calon yang mengadakan acara dengan mengkoordinir ibu-ibu PKK nggak usah takut, bukan berarti ibu-ibu yang hadir dalam acara tersebut ikut dalam kampanye, namun ada kampanye yang dinamakan tatap muka" ungkap Ronny.

Memang benar, ada banyak jenis kampanye yang digunakan oleh calon, salah satunya adalah tatap muka. perlu diketahui bahwa kampanye yang mengerahkan masa haruslah sepengetahuan KPU dan Bawaslu. Jika tidak, maka kampanye tersebut dapat dikatakan sebagai kampanye ilegal.

Dalam sosialisasi tatap muka disampaikan pula pendidikan pemilih berbasis keluarga dimana nantinya peserta dapat menyampaikan kepada orang-orang terdekat dan lingkungan. Disinggung pula juga pada pemilu tanggal 17 April nanti terdapat 5 Surat suara yang berbeda warnanya. Meski KPU RI belum mengumumkan secara resmi namun 5 warna yang berbeda ini berkaca pada pemilihan serentak yang dilakukan.

Berita Lainnya