Sosialisasikan Peran Pemilih Perempuan, KPU hadir di Kecamatan Kunjang untuk mengisi Pendidikan Pemilih

 Shilvy 29 January 2019  Berita
Sosialisasikan Peran Pemilih Perempuan, KPU hadir di Kecamatan Kunjang untuk mengisi Pendidikan Pemilih

Selasa, 29 Januari 2019 KPU Kediri adakan Pendidikan Pemilih Perempuan melalui metode tatap muka di Kantor Kecamatan Kunjang. Sejumlah Ibu-ibu PKK sebanyak 50 orang menghadiri acara ini.

Dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dibuka oleh Kepala Camat Kunjang acara dimulai pada pukul 10.00. Acara ini diisi dengan 2 Narasumber yaitu Kepala Camat Kunjang Bapak Harminto dan Drs.Moh Syamsuri Anggota Komisioner divisi hukum dan pengawasan. Kedua narasumber dalam menyampaikan materi dipandu oleh seorang moderator yaitu Ronny Juliarto Anggota KOmisioner KPU Kabupaten Kediri Divisi Partisipasi Masyarakat.

Dlam pemaparan yang pertama yaitu Bapak Heminto beliay menyampaikan bahwa ibu-ibu biasanya adalah yang paling aktif untuk hadir dalam sebuah kegiatan. kaitannya dengan pemilu 2019 adalah bahwa perempuan mampu untuk mengajak orang-orang disekelilingnya untuk mencoblos di Hari-H. Ibu-ibu juga rentan untuk dimobilisasi.

Seperti yang kita ketahui Basis Pemilih Perempuan menjadi sasaran sosialisasi dan pendidikan pemilih karena mereka tidak hanya akan memainkan peran strategis dalam mengasuh dan mendidik anak ketika mereka menjadi ibu rumah tangga. tetapijuga dapat memainkan peran untuk memotivasi dan mengedukasi lingkungan, setidaknya pada komunitasnya. perempuan yang berstatus ibu memiliki pengaruh yang besar dalam membentuk pengetahuan, sikap, dan tingkahlaku anak. pengaruh kehidupan keluarga yang didominasi oleh peran ibu baik langsung maupun tidak langsung merupakan struktur sosialisasi politik pertama yang dialami seorang sangat kuat dan kekal.

Meteri yang kedua disampaikan oleh Moh Syamsyuri yang berkaitan dengan Pemilu serentak 2019. beliau menjelaskan tentang bahwa memberikan hak pilih ituhal yang mudah.

"Yang jelas mencoblos atau memilih itu sederhada tidah susah, salah tidak dihukum. nanti jika memasukkan kotak ada yg menuntun. jika terdapat keliru mboten diseneni"ungkapnya

Terakhir Bpk Syamsuri menyampaikan tentang 5surat suara yang akan docoblos pada tanggal 17 April 2019. 5 warna tersebut yaitu Abu-Abu untul Pilpres, Merah untuk DPD RI, Kuning untuk DPR RI, Biru untuk DPRD Provinsi, dan Hijau untuk DPRD Kabupaten.

Berita Lainnya