Rakor bersama Stakeholder, Upaya KPU Wujudkan Transparansi Data Pemilih

Rakor bersama Stakeholder, Upaya KPU Wujudkan Transparansi Data Pemilih
Rakor bersama Stakeholder, Upaya KPU Wujudkan Transparansi Data Pemilih

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri, kpu-kedirikab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menggelar rapat koordinasi (rakor) persiapan penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS). Rakor tersebut dilaksanakan selama dua hari, 9-10 September 2020.

Usai rakor bersama PPK, Rabu (09/09/2020), KPU Kabupaten Kediri mengundang stakeholder dan instansi terkait dalam rapat koordinasi (rakor) persiapan penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS), Kamis (10/09/2020)..

Komisioner Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Eka Wisnu Wardhana menyampaikan bahwa tahapan pemutakhiran saat ini sampai pada penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS). DPS diperoleh dari hasil rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) .

“Rekap DPHP sendiri sudah dilaksanakan di kecamatan 2-4 September 2020, berikutnya rekap DPHP di tingkat Kabupaten untuk penetapan menjadi DPS dijadwalkan pada 5 - 14 September 2020,” ungkap Eka Wisnu Wardhana.

Wisnu, sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa satu tahapan krusial dalam Pemilihan salah satunya adalah proses pemutakhiran daftar pemilih. Pada tahapan pemutakhiran daftar pemilih ini akan banyak dinamika yang terjadi, bisa jadi karena adanya perbedaan pandangan antara penyelenggara (PPK, PPS) dengan Bawaslu (Panwascam/ PKD) maupun permasalahan lain pada saat rekap.

Untuk itu, lanjut Wisnu, pada tahapan ini kemampuan penyelenggara diuji agar bisa menyelesaikan permasalahan yang ada. Jangan sampai permaslahan yang ada mengganggu jadwal penetapan DPS.

“PPDP, PPS, dan PPK harus bertanggungjawab dalam menyajikan data DPHP yang akan dibawa untuk menghasilkan Daftar Pemilih Sementara (DPS). Kami, di Kabupaten akan terus mengawal pelaksanaan pemutakhiran dari tingkat bawah hingga paling atas agar pemilihan dapat berjalan sukses dan lancar,” tegasnya.

Dalam rakor tersebut disampaikan hasil evaluasi bersama PPK mengenai persoalan yang terjadi selama kegiatan pemutakhiran data oleh PPDP hingga rekapitulasi oleh PPS dan PPK. Rakor berjalan lancar hingga akhir. (hupmas/ lyn)