Via Online, KPU Kabupaten Kediri ikuti Pengukuhan dan Pengambilan Sumpah Tim Pemeriksa Daerah

Via Online, KPU Kabupaten Kediri ikuti Pengukuhan dan Pengambilan Sumpah Tim Pemeriksa Daerah
Tangkapan Layar kanal Youtube Pengukuhan TPD Seluruh Indonesia

Jakarta, kpu-kedirikab.go.id  - Melalui kanal Youtube KPU RI, KPU Kabupaten Kediri mengikuti Pengukuhan dan Pengambilan Sumpah Tim Pemeriksa Daerah (TPD) Periode 2021-2022.

Pelantikan Tim Pemeriksa Daerah (TPD) untuk Periode 2021 – 2022 dilakukan pada Kamis, (01/04/2021) secara daring oleh Ketua DKPP RI Muhammad.

Dasar dari pembentukan TPD diatur dalam Pasal 164 Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, dimana dalam melaksanakan tugasnya DKPP dapat membentuk TPD di setiap provinsi yang bersifat ad hoc. Selain itu, dasar hukum lainnya Peraturan DKPP Nomor 1 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan DKPP Nomor 5 Tahun 2017 tentang Tim Pemeriksa Daerah.

Selanjutnya pada Pasal 6 Peraturan DKPP Nomor 1 Tahun 2019, TPD memiliki wewenang untuk memeriksa dugaan pelanggaran KEPP yang dilakukan oleh KPU Provinsi/ KIP Provinsi Aceh, KPU Kabupaten/Kota atau KIP Kabupaten/Kota, Bawaslu Provinsi/ Panwaslih Provinsi Aceh, dan Bawaslu Kabupaten/ Kota atau Panwaslih Kabupaten/ Kota.

Ketua DKPP RI, Muhammad menyampaikan bahwa antara Bawaslu, KPU dan DKPP merupakan lembaga yang tidak dipisahkan sebagai penyelenggara pemilu dan pemilihan, “Harmoni diantara tiga lembaga ini adalah sebuah keniscayaan, jadi tidak dapat dipisahkan.” ujarnya.

Pada acara tersebut dikukuhkan dua Komisioner KPU Jatim menjadi TPD Provinsi Jawa Timur periode 2021-2022 yaitu, Gogot Cahyo Baskoro dan Insan Qoriawan. (bin/pnj)