Antisipasi Hoax dengan Pencegahan dan Penindakan

Antisipasi Hoax dengan Pencegahan dan Penindakan
Slide Materi webinar BAKOHUMAS

Kediri, kpu-kedirikab.go.id - Dalam lanjutan webinar BAKOHUMAS sebagai Media Untuk Meningkatkan Literasi Masyarakat, setelah memaparkan arahan pemerintah tentang percepatan digitalisasi materi yang terakhir yang disampaikan oleh Prof. Widodo berikutnya adalah tentang Berita Bohong / Hoax.

Lanjut dalam penyampaiannya Widodo tentang bahaya - bahaya berita hoax yang kerap kali disampaikan dan disebarkan secara luas dalam masyarakat. Hal ini tidak lepas dari minimnya pemahaman masyarakat tentang kebenaran suatu berita.

“Tak lupa juga saya sampaikan penyebab hoax dan kiat - kiat mengatasinya, hal ini dapat diterapkan sehingga dapat meminimalisir penyebaran bahkan mencegah pemberitaan hoax yang marak saat ini, sehingga dapat dijadikan pembelajaran masyarakat” ujarnya.

Effect dari sebuah hoax adalah menyebabkan PERSEPSI NEGATIF, Memanipulasi alam pikiran agar memberikan respons seperti keinginan pembuat hoaks, membentuk OPINI NEGATIF sehingga terjadi ketidakpercayaan bahkan sampai konflik dan disintegrasi bangsa. kemudian  memudahkan orang untuk mem-PROVOKASI DAN AGITASI yang membangkitkan emosi dan kemarahan, sehingga MENYULUT KEBENCIAN dengan hasutan kepada orang banyak yang mendorong huru hara dan kekacauan.

Langkah Pencegahan yang dapat dilakukan yaitu dengan LITERASI DIGITAL Edukasi dan pemberian wawasan kepada masyarakat terkait pemanfaatan Internet dan media sosial, kemudian KLARIFIKASI Penggunaan berbagai media untuk memberikan penjelasan dan klarifikasi terhadap isu hoaks di masyarakat melalui website : www.cekhoaks.id, jika pencegahan sudah tidak dapat dilakukan maka selanjutnya PENINDAKAN HUKUM dijalankan terhadap pelaku pembuat dan penyebar hoaks dan ujaran kebencian dengan bekerjasama POLRI, serta dilakukan PEMBLOKIRAN Penutupan situs dan konten penyebar hoaks dan ujaran kebencian. (pnj)