Bimtek Perdana Usai Dilantik, PPK Diminta Pelajari ORTUG Penyelenggara Pemilu

Bimtek Perdana Usai Dilantik, PPK Diminta Pelajari ORTUG Penyelenggara Pemilu
Bimtek Perdana Usai Dilantik, PPK Diminta Pelajari ORTUG Penyelenggara Pemilu

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri, kpu-kedirikab.go.id – Sebanyak 130 orang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (PILBUP) Kediri Tahun 2020 resmi dilantik, Sabtu (29/02/2020). Usai dilantik, mereka langsung mengikuti bimbingan teknis (bimtek) perdana yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Kediri.

Sekira pukul 13.00 WIB, usai upacara pelantikan dan pengambilan sumpah janji, anggota PPK diberikan bimtek. Bimtek perdana ini untuk memberikan pembekalan awal tentang orientasi tugas (ORTUG) penyelenggara pemilu, khususnya dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (PILBUP) Kediri Tahun 2020.

Komisioner Divisi SDM dan Parmas, Nanang Qosim, menyampaikan bahwa bimtek ini penting untuk memberikan wawasan awal mengenai orientasi tugas anggota PPK sebagai penyelenggara pemilu.

“Tugas utama PPK adalah membantu tugas-tugas KPU dalam menyelenggarakan pemilihan di tingkat Kecamatan. Dalam melaksanakan tugasnya tentu PPK harus menjunjung asas LUBER JURDIL,” ungkap Nanang Qosim, Komisioner Divisi SDM dan Parmas, Sabtu (29/02/2020) siang.

Nanang menjelaskan bahwa kelembagaan KPU dalam melaksanakan tugas memiliki prinsip bersifat hierarkis. KPU kabupaten/ kota beserta badan adhoc hanya melaksanakan keputusan yang dibuat oleh pembuat kebijakan, dalam hal ini KPU RI dan KPU Provinsi.

“Selain itu dalam melaksanakan tugas dengan prinsip selalu berkesinambungan dan tentunya bebas dari pengaruh pihak manapun,” tegasnya.

Secara rinci, Nanang menjabarkan bahwa tugas PPK sesuai PKPU nomor 3 tahun 2015. Yakni membantu KPU dalam melakukan pemutakhiran data pemilih, melaksanakan semua tahapan penyelenggaraan Pemilihan di tingkat kecamatan, menerima dan menyampaikan Daftar Pemilih, menerima dan menyerahkan laporan daftar nama petugas pemutakhiran data pemilih.

“Kemudian mengumpulkan hasil penghitungan suara di TPS dari seluruh PPS di wilayah kerjanya, serta melakukan rekapitulasi hasil penghitungan suara, mengumumkan dan menyerahkan hasil rekapitulasi suara kepada seluruh peserta Pemilihan,” imbuhnya.

Bimtek tersebut dihadiri oleh Plt. Sekretaris KPU Provinsi Jawa Timur, Suharto, seluruh Komisioner beserta Sekretaris KPU Kabupaten Kediri. Bimtek berakhir pukul 16.00 WIB. (sdm/ lyn)