Update Data Pemilih Berkelanjutan, Website KPU Mudah dan Terbuka Untuk Respon Publik

Update Data Pemilih Berkelanjutan, Website KPU Mudah dan Terbuka Untuk Respon Publik

Kediri, kpu-kedirikab.go.id - Data Pemilih yang digunakan dalam Pemilu 2019 dan Pemilihan Serentak Tahun 2020 dinilai begitu komprehensif dimana sudah terdapat 3 lembaga negara menjalin kerjasama diantaranya bersama Kemenkes terkait vaksin, dengan pemerintah daerah untuk Pilkades, dan yang ketiga dari Kemenkop UKM terkait penyaluran program pembangunan nasional yang lebih efektif.

Terkait penggunaan data pemilih tersebut, KPU tetap memegang prinsip menjaga kerahasiaan data pribadi pemilih. KPU senantiasa selalu mendukung program-program dari Pemerintah dengan selalu mengedepankan kualitas data yang selalu update, didukung oleh personil dari pusat hingga daerah yang terukur dalam kinerjanya dan selalu ter-deadline. Proses data pemilih yang berkualitas ini pun tidak dimulai dalam waktu yang singkat namun dimulai dari penyerahan data, pengolahan data, penetapan TPS, rekapitulasi DPHP, penetapan DPS lalu pengumuman hingga uji publik.

Dalam pengujian publik terkait data pemilih ini KPU menerapkan prinsip: inklusif, transparan, responsif dan partisipatif. Wujud turunannya dimana KPU menyampaikan secara terbuka dimana DPS dan DPT diberikan kepada pasangan calon maupun peserta Pemilu dan KPU menerima masukan dan secara responsif membuka diri apabila terdapat kekurangan segera diperbaiki. Namun apabila terdapat ambiguitas KPU senantiasa akan menjelaskan kepada publik. Sehingga terwujud sebuah data pemilih yang terpercaya yang berasal dari keterbukaan antara stakeholder.

Data pemilih yang terpercaya dari KPU ini memiliki tingkat kualitas sebesar 99,69% dan telah dipercaya sejumlah lembaga pemerintah. Tidak berhenti disini saja, KPU pada bulan Mei ini mengadakan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan, yang merupakan wujud transformasi dari periodic list menjadi continous list. Semua ini demi mudahnya mengindikasi permasalahan data pemilih di Pemilu 2024 sejak dini.