Demi Keamanan Tahapan PILBUP 2020, KPU Koordinasi Bersama Kejari Kabupaten Kediri 

Demi Keamanan Tahapan PILBUP 2020, KPU Koordinasi Bersama Kejari Kabupaten Kediri 

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri, kpu-kedirikab.go.id – Dalam rangka mewujudkan jaminan hukum dalam penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (PILBUP) Kediri 2020, KPU Kabupaten Kediri menggelar koordinasi bersama lembaga Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Kediri, Senin (27/01/2020) pagi. 

Sekira pukul 09.30 WIB, Ketua KPU Kabupaten Kediri, Ninik Sunarmi bersama anggota Komisioner Divisi Hukum Agus Hariono didampingi Kasubag Hukum Okie Sidharta bertandang ke kantor Kejari Kabupaten Kediri. Hal ini dalam rangka mengkoordinasikan kesiapan PILBUP 2020 dari segi bantuan hukum untuk menjamin lancarnya setiap tahapan. Mereka diterima langsung oleh Kasi Datun Kejari, Himawan.

Komisioner Divisi Hukum Agus Hariono mengungkapkan bahwa seperti yang telah diketahui bahwa Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) di setiap daerah telah dibubarkan, oleh karena itu dalam melaksanakan tahapan pemilihan dimana diperlukan pendampingan hukum KPU berkoordinasi dengan Kejari di masing-masing tingkatannya.

"Maka secara eksplisit, sebagai tindakan antisipasi KPU Kabupaten Kediri tetap melakukan koordinasi hukum dengan Kejaksaan Negeri Kabupaten Kediri yang meliputi seluruh tahapan dan disesuaikan dengan kebutuhan KPU Kabupaten Kediri," ungkap  Agus Hariono, Komisioner Divisi Hukum, Senin (27/01/2020).

Sementara itu, Kasi Datun Kejari Kabupaten Kediri, Himawan menyampaikan bahwa pihak Kejari dapat memberikan pendampingan hukum kepada KPU selama sesuai regulasi yang ada.

"Pendampingan dari kejaksaan bersifat pasif - aktif selama tidak melanggar aturan," ujar Himawan, Kasi Datun Kejari Kabupaten Kediri.

Usai koordinasi digelar penandatanganan MoU antara KPU Kabupaten Kediri dengan Kejari Kabupaten Kediri untuk menjaga pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri tahun 2020 yang tertib hukum, bersih dan berkualitas. (hukum/ lyn)