Digitalisasi Data, KPU RI Siapkan Aplikasi Open Data Pemilu dan Pemilihan

Digitalisasi Data, KPU RI Siapkan Aplikasi Open Data Pemilu dan Pemilihan

Kediri, kpu-kedirikab.go.id – Disampaikan oleh Kabag Pengelola Data dan Informasi KPU RI, Andre Putra dalam rapat koordinasi (rakor) Persiapan Pemutakhiran Data Pemilih dan Digitalisasi Data yang diselenggarakan KPU Jawa Timur, Selasa (04/05/2020) kemarin, bahwa saat ini KPU RI tengah menyiapkan aplikasi baru untuk mendukung kerja-kerja penyajian data yang efisien dan transparan.

“Hari ini, KPU RI tengah menyiapkan aplikasi baru, aplikasi tersebut untuk menyimpan data pemilu dan pemilihan. Seluruh KPU kota / kabupaten diminta untuk menyiapkann diri dengan peluncuran aplikasi tersebut,” ungkap Andre Putra, Kabag Pengelola Data dan Informasi KPU RI, Selasa (04/05/2020).

Andre menjelaskan bahwa aplikasi baru itu dinamakan Open Data. Dengan adanya aplikasi tersebut, semua data pemilu dan pemilihan akan diupload secara sistematis dan dapat diakses oleh public. Adanya aplikasi tersebut juga akan mempermudah kinerja kepemiluan.

“Dengan Open Data dimaksudkan agar para masyarakat yang membutuhkan data-data KPU hasil pemilu maka bisa dengan mudah mendapatkan, sesuai tag line KPU melayani, rencana Open Data adalah salah satu upaya untuk melayani kebutuhan data oleh masyarakat,” pungkasnya.

Dari rencana peluncuran tersebut, dia juga meminta agar KPU Kabupaten/ kota mempersiapkan diri, terutama menyiapkan semua data yang hendak diupload dalam aplikasi tersebut.

Komisioner Divisi SDM dan Parmas, Nanang Qosim, sangat mengapresiasi rencana peluncuran aplikasi baru berbasis digitalisasi tersebut. Pasalnya dengan adanya aplikasi tersebut KPU RI menerapkan sistem transparansi data.

“Bagaimana kita tahu bahwa transparansi data ini sangat dibutuhkan untuk mendukung kerja-kerja KPU,” tuturnya. (sdm/ lyn)