Dirgahayu POM TNI, Maju terus Tentara Nasional Indonesia !!

Dirgahayu POM TNI, Maju terus Tentara Nasional Indonesia !!

Kediri, kab-kediri.kpu.go.id – Rabu (11/05/2022), Hari ini tepat 11 Mei adalah Hari POM TNI atau dikenal juga hari kelahiran dari POM TNI sebagai hari Polisi Militer Tentara Nasional Indonesia.

POM TNI sendiri merupakan polisi yang berasal dari organisasi militer dengan mengemban tugas untuk melaksanakan pemeliharaan, penegakan disiplin, hukum, hingga tata tertib dalam lingkungan militer. Untuk keberadaan polisi militer (POM) itu sendiri berada di bawah struktur TNI. POM TNI berperan menyelenggarakan bantuan administrasi kepada satuan-satuan jajaran TNI.

Dengan telah dibentuknya POM di setiap angkatan maka jika nanti ada kasus-kasus yang berkaitan dengan kriminal, terutama yang melibatkan sipil, maka penyelidikan akan ditangani Pom angkatan yang terkait. Pada 3 Mei 2015, Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko merombak struktur satuan Polisi Militer dari Staf Khusus POM TNI menjadi POM TNI sebagai upaya meningkatkan tata tertib dan penegakan hukum di lingkungan TNI. POM TNI berada langsung di bawah komando Panglima TNI. Sebelumnya Polisi Militer hanya berada di tiap-tiap kesatuan TNI, seperti Puspomad, Puspomal, dan Puspomau. Saat ini, POM TNI menjadi otoritas pengawasan tertinggi dalam struktur TNI. (don/pnj)