Divisi Rendatin Ikuti Rakor Monev Anggaran Pemilihan Serentak Lanjutan Melalui Daring

Divisi Rendatin Ikuti Rakor Monev Anggaran Pemilihan Serentak Lanjutan Melalui Daring

Reporter : Nur Hansah

Kediri, kpu-kedirikab.go.id –  Menindaklanjuti Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 41 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2019 tentang Pendanaan Kegiatan Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota yang Bersumber Dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah serta hasil revisi DIPA KPU Kabupaten/Kota untuk anggaran dukungan Tahapan Pemilihan dalam kondisi Pandemi Covid-19, Divisi Rendatin KPU Kabupaten Kediri mengikuti Rapat Koordinasi (rakor) Monitoring dan Evaluasi (monev) Anggaran Pemilihan Serentak Lanjutan yang diselenggarakan oleh KPU Propinsi Jawa Timur melalui media dalam jaringan (daring), Kamis (09/07/2020).

Sekira pukul 10.00 WIB bertempat di ruang Media Center KPU Kabupaten Kediri mengikuti daring. Sebanyak 19 KPU Kabupaten/ Kota yang sedang menyelenggarakan Pemilihan Serentak Lanjutan 2020 diminta laporan tentang data hibah barang, rencairan hibah pemilihan, revisi pencatatan hibah ke APBN, realisasi anggaran baik hibah APBD maupun APBN untuk APD dan penambahan TPS dan realisasi hibah secara keseluruhan sampai dengan Juni 2020. Diminta juga Progress Report Perjanjian Kerja Sama atau MoU dengan Dinas Kesehatan dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di wilayah masing-masing dalam penyelenggaraan Pemilihan Serentak Lanjutan 2020 sesuai Surat Dinas KPU Nomor: 531/PR.07-SD/01/KPU/VII/2020.

Komisioner Divisi Rendatin, Eka Wisnu Wardhana, menyampaikan bahwa rapat koordinasi ini tujuannya untuk memonitor dan evaluasi  KPU Kabupaten Kota se-Jatim yang sedang melaksanakan Pemilihan Serentak Lanjutan agar dapat melaksanakan tahapan dengan baik.

"KPU Kabupaten Kediri melaporkan kepada KPU Jawa Timur terkait progress pencairan dana hibah yg diterima adalah sebesar 9M di termin I. Dan 50,7M di termin II. Sedangkan untuk termin III sedang kita ajukan ke Pemda untuk bisa segera ditransfer ke rekening KPU Kabupaten Kediri," ujar Eka Wisnu Wardhana, Komisioner Divisi Rendatin, Kamis (09/07/2020).

"Besar harapan kami Pemda bisa segra mencairkn termin III sesuai Permendagri 41 tahun 2020 tentang Perubahan Atas Permendagri Nomor 54 tahun 2019 tentang Pendanaan Kegiatan Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota yang bersumber dari APBD," tuturnya.

Selain Komisioner Divisi Rendatin, rapat koordinasi tersebut dihadiri oleh Sekretaris KPU Kabupaten Kediri, Bekti Rochani dan Kasubbag Program dan Data, Puspita Palupi. Rapat berjalan lancar dan berakhir pukul 12.30 WIB. (parmas/ nuha)