Divisi Rendatin KPU Kabupaten Kediri Gelar Bimtek Secara Daring

Divisi Rendatin KPU Kabupaten Kediri Gelar Bimtek Secara Daring

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri, kpu-kedirikab.go.id – Dalam rangka melaksanakan amanat Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) nomor 2 Tahun 2020 dan PKPU nomor 5 Tahun 2020 tentang pemilihan serentak lanjutan tahun 2020, Divisi Perencanaan Data dan Informasi (Rendatin) KPU Kabupaten Kediri mengadakan bimbingan teknis (bimtek) untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Selasa (16/06/2020).

Sekira pukul 13.30 WIB, bimtek Divisi Rendatin dilaksanakan secara daring di ruang Media Center KPU Kabupaten Kediri. Bimtek menghadirkan narasumber dari KPU RI, Nanang Indra dan Dinas Kependudukan dan catatan Sipil (Disdukcapil) Muhammad Kahfi Fauzi. Bimtek juga didampingi langsung oleh Komisioner Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kabupaten Kediri, Eka Wisnu Wardhana.

Narasumber KPU RI, Nanang Indra mengungkapkan bahwa pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih dalam Pemilihan Serentak lanjutan yang dilaksanakan pada situasi pendemi penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19),juga perlu memperhatikan aspek kesehatan dan keselamatan. 

“Dalam kegiatan pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih serta penyesuaian jumlah pemilih dalam TPS ini, KPU harus turut meminimalisir kegiatan yang mengundang banyak massa atau interaksi dengan berbagai pihak secara langsung, lalu menggantinya dengan cara memanfaatkan teknologi informasi secara maksimal,” ungkap Nanang Indra, Narasumber KPU RI, Selasa (16/06/2020).

Nanang Indra mengatakan bahwa langkah yang ditempuh dalam pemutakhiran data pemilih ini dimana proses penyusunan A-KWK didesain maksimal dengan jumlah pemilih yang disesuaikan. Selanjutnya, proses coklit juga harus menghindari kontak langsung petugas dengan pemilih serta memaksimalkan koordinasi dengan pengurus RT, RW.

“Serta penggunaan atau pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi jika memungkinkan mulai dari proses coklit, pleno rekapitulasi, menerima masukan dan tanggapan serta fasilitasi pindah memilih,” imbuhnya.

Sementara itu Komisioner Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kabupaten Kediri, Eka Wisnu Wardhana menambahkan, beberapa Alat Pelindung Diri (APD) minimal wajib digunakan selama proses pelaksnaan tahapan pemilihan serentak lanjutan tersebut.

“Penggunaan APD minimal seperti masker, sarung tangan, face shiled dan handsanitezer. Selain itu juga wajib selalu menerapkan pola physical Distancing,” tandasnya. (hupmas/ lyn)