Divisi Sosdiklih, SDM dan Parmas Se-Jatim Gelar Rakor Siapkan Metode Sosialisasi Pemilihan Yang Efektif

Divisi Sosdiklih, SDM dan Parmas Se-Jatim Gelar Rakor Siapkan Metode Sosialisasi Pemilihan Yang Efektif
Divisi Sosdiklih, SDM dan Parmas Se-Jatim Gelar Rakor Siapkan Metode Sosialisasi Pemilihan Yang Efektif

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Blitar, kpu-kedirikab.go.id –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih (Sosdiklih), SDM dan Parmas dari 19 KPU Kabupaten/ Kota Penyelenggara Pemilihan Serentak Lanjutan Tahun 2020, Rabu-Kamis, 08-09 Juli 2020. Rakor tersebut guna melakukan koordinasi dan pembahasan terkait metode sosialisasi yang efektif di masa pandemi Covid-19.

Sekira pukul 14.00 WIB, bertempat di Gedung Kesenian Aryo Blitar, rakor diikuti peserta terdiri dari Divisi Sosdiklih, SDM dan Parmas serta Kasubag Teknis dan Hupmas 19 KPU Kabupaten/ Kota penyelenggara Pemilihan Serentak Lanjutan 2020. Hadir dalam rakor Komisioner KPU Jatim, Choirul Anam, Gogot Cahyo Baskoro. Muhammad Arbayanto, Insan Qoriawan, Miftahur Rozaq, Nurul Amalia, serta Plt. Sekretaris KPU Jatim, Suharto.

Acara dibuka oleh Komisioner Divisi SDM dan Litbang KPU Jawa Timur, Rochani mewakili Ketua KPU Jatim. Dalam sambutannya ia menyampaikan maksud dari kegiatan rakor ini adalah untuk memenuhi target partisipasi pemilih nasional. 

“Sedangkan tujuan rakor yaitu mencari cara dan metode yang paling efektif untuk meningkatkan partisipasi pemilih utamanya pada masa pandemi serta menciptakan konten sosialisasi yang menarik dan menyesuaikan kultur dan budaya lokal masing-masing daerah.

Rochani menuturkan, bahwa perkembangan regulasi terkait pemilihan 2020 luar biasa dinamisnya sehingga butuh konsentrasi penuh semua Komisioner untuk mengikuti perkembangan ini. 

“Literasi juga penting bagi kita, meskipun itu menjadi tupoksi di luar Divisi Kita. Sempatkanlah waktu sebentar Ketika ada regulasi turun,” tuturnya.

Dalam rakor tersebut, peserta akan mendapatkan materi terkait Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/ atau Walikota dan Wakil Walikota (PKPU 8 Tahun 2017), materi Publikasi Informasi Protokol Kesehatan dalam Melaksanakan Pemilihan Serentak Lanjutan Tahun 2020, materi Sosialisasi Berbasis Keluarga dan sebagainya. (hupmas/ lyn)