Dorong KPU Kabupaten/ Kota Cermat Pahami Regulasi, KPU Jatim Jelaskan Kembali Alur PAW

Dorong KPU Kabupaten/ Kota Cermat Pahami Regulasi, KPU Jatim Jelaskan Kembali Alur PAW
apat Koordinasi PAW Anggota DPRD Pemilu Tahun 2019. Kamis (8/7)

Kediri, kpu-kedirikab.go.id - Kamis (08/07/2021) pukul 10.00 WIB. Dalam lanjutan Rapat Koordinasi Penggantian Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD Kabupaten/ Kota Hasil Pemilu Tahun 2019 secara virtual yang diadakan KPU Provinsi Jatim.

Tiba saatnya Divisi Teknis KPU Kabupaten Kediri, Anwar Ansori dalam laporannya menyampaikan bahwa hingga tahun 2021 di Kabupaten Kediri belum ada pengajuan PAW oleh Dewan yang disampaikan di kantor KPU terlepas dari tiga aspek yaitu meninggal dunia, mengundurkan diri maupun diberhentikan. “Alhamdulillah di Kabupaten Kediri aman terkendali belum ada Dewan yang mengajukan PAW untuk anggotanya yang sedang menjabat sampai hari ini” kata Anwar.

Setelah mendengarkan seluruh laporan dari tiap-tiap KPU Kab/Kota acara dilanjutkan dengan penyampaian materi terkait regulasi PAW oleh Divisi Teknis KPU Prov Jatim Insan Qoriawan. Insan menjelaskan proses alur PAW harus berdasarkan PKPU 6 tahun 2017 dan PKPU 6 tahun 2019 tentang Penggantian Antarwaktu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota.

“Alur PAW ini dimulai dari pimpinan dewan berkirim surat permintaan calon pengganti anggota dewan kepada KPU Kab/Kota dan dicatat dalam arsip surat masuk dan dalam waktu maksimal 5 hari KPU Kab/Kota membalas surat pimpinan dewan. Dalam waktu maksimal 5 hari KPU Kab/Kota memeriksa dan meneliti dokumen calon PAW terdiri dari SK Penetapan Hasil Perolehan Suara Pemilu, SK Penetapan Calon Terpilih dan memeriksa dokumen lainnya. Setelah KPU Kab/Kota memeriksa dokumen-dokumen, kemudian KPU Kab/Kota melaksanakan pleno dan hasil pleno dicatat dalam berita acara sebagai dasar balasan surat pimpinan dewan mengenai permintaan PAW.” terang Insan. (pnj)