Dukung Arahan Pemerintah, KPU Siap Laksanakan Digitalisasi Media

Dukung Arahan Pemerintah, KPU Siap Laksanakan Digitalisasi Media
Penyampaian Materi terkait Media dari KOMINFO

Kediri, kpu-kedirikab.go.id - Dalam lanjutan webinar BAKOHUMAS sebagai Media Untuk Meningkatkan Literasi Masyarakat, setelah memahami karakteristik tentang media digital disampaikan juga implikasinya seperti yang kita ketahui media telah mendukung aspek keseharian, seperti belanja online, kemudahan transportasi, hingga belajar pun bisa dilakukan tanpa perlu bertatap muka.

Widodo dalam materinya ikut menyampaikan arahan yang diminta oleh Presiden Jokowi Dalam Rapat Kabinet Terbatas mengenai Perencanaan Transformasi Digital 3 Agustus 2020 di Istana Negara, dalam arahan tersebut Presiden meminta 5 langkah dalam Percepatan Informasi Digital.

“Segera lakukan percepatan perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital dan penyediaan layanan internet, berikutnya persiapkan roadmap transformasi digital disektor - sektor strategis. Baik disektor pemerintahan, layanan publik, bantuan sosial, pendidikan, kesehatan, perdagangan, industri, maupun penyiaran, kemudian percepat Integrasi pusat data nasional, selanjutnya siapkan kebutuhan SDM talenta digital, terakhir Yang berkaitan dengan regulasi dan pendanaan dan pembiayaan, segera disiapkan secepat-cepatnya,” paparnya.

Dengan mengacu arahan yang telah diminta oleh Presiden, maka seluruh instansi yang termasuk dalam organisasi pemerintah harus turut andil dalam mendukung dan mensukseskan program digitalisasi ini tanpa terkecuali Komisi Pemilihan Umum sebagai lembaga penyelenggara Pemilu. Pengumpulan data dan penyampaian informasi terkait demokrasi dan kepemiluan secara digital yang memudahkan masyarakat mendapatkan informasi menjadi penting dalam menjaga integritas kelembagaan. (pnj)