Efektifkan Pengelolaan DPB, KPU Kediri ikuti Sosialisasi Sidalih Berkelanjutan

Efektifkan Pengelolaan DPB, KPU Kediri ikuti Sosialisasi Sidalih Berkelanjutan
Rakor Sosialisasi Sidalih Berkelanjutan.

Kediri, kpu-kedirikab.go.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri mengikuti Rapat Sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) Berkelanjutan secara daring yang diadakan KPU RI. Acara tersebut dihadiri Anggota Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi Eka Wisnu Wardhana, Subkoordinator Program dan Data Puspita Palupi, didampingi operator SIDALIH. Rabu (01/09/2021)

Ketua KPU RI, Ilham Saputra menyampaikan Sosialisasi yang dikemas dalam Rapat Koordinasi (Rakor) ini dimaksudkan untuk mengenalkan aplikasi Sidalih Berkelanjutan yang telah mengalami pengembangan baik dari sistem, fungsi maupun cara penggunaannya.

“Dimana hal ini dimaksudkan untuk lebih memudahkan proses pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (DPB) oleh KPU serta sebagai bentuk penyampaian informasi secara tepat dan akurat kepada masyarakat terkait data dan daftar pemilih pada Pemilu dan Pemilihan di 2024.” tutur Ilham.

Lanjut Ilham, setidaknya ada 10 KPU daerah yang menjadi proyek percontohan (pilot project) dan telah menggunakan aplikasi Sidalih Berkelanjutan yakni Banda Aceh, Medan, Sukabumi, Serang, Solo, Jembrana, Makassar, Gorontalo, Karanganyar dan Yogyakarta. "Tentu kita harus menyiapkan segala sesuatunya dalam rangka menyiapkan Pemilu dan Pemilihan 2024," tambahnya.

Sementara itu, Anggota KPU RI divisi data dan informasi Viryan mengingatkan Sidalih Berkelanjutan adalah bentuk tanggung jawab KPU atas amanat UU 7 Tahun 2017 dan pemutakhiran data pemilih merupakan bagian dari itu. “Makna dari berkelanjutan disini adalah melakukan pengembangan sistem dengan mindset, instrumen dan budaya kerja.” kata Viryan. 

Viryan menambahkan Sidalih telah mengalami pembaharuan dengan sistem berkelanjutan yang telah tersedia dalam bentuk offline. Diharapkan dengan adanya bentuk offline ini, penyelenggara pemilu yang berada dalam kondisi sulit sinyal bisa tetap melaksanakan tugas memutakhirkan data pemilihnya.

Kegiatan yang berlangsung pukul 13.00 - 15.00 WIB tersebut menghadirkan narasumber Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) KPU RI, Sumariyandono dan Kepala Bidang Data dan Informasi KPU RI Andre Putra. (pnj)