Evaluasi Pengelolaan Logistik 2020, KPU RI Ingatkan Prinsip Keterbukaan

Evaluasi Pengelolaan Logistik 2020, KPU RI Ingatkan Prinsip Keterbukaan
Foto : Rakor Evaluasi Pengelolaan Logistik Pemilihan Serentak Tahun 2020, di Cianjur, Selasa-Rabu, 23-24 Februari 2020. (dok.KPU RI)

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri, kpu-kedirikab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menggelar rapat Koordinasi (Rakor) Evaluasi Pengelolaan Logistik Pemilihan Serentak Tahun 2020, di Cianjur, Selasa-Rabu, 23-24 Februari 2020. Dalam rakor tersebut KPU RI menegaskan Prinsip Keterbukaan harus digunakan dalam setiap pengelolaan logistik.

Sebagaimana dikutip dari situs resmi KPU RI kpu.go.id, Pelaksana tugas (Plt) Ketua KPU RI Ilham Saputra menyampaikan agar tercipta pengelolaan logsitik yang efektif, efisien dan profesional untuk keberlangsungan pemilu yang akan datang, hasil dari evaluasi pemilihan di daerah menjadi catatan penting.

“Kami berharap agar para peserta aktif memberikan masukan, pengalaman yang dimilikinya untuk perbaikan pengelolaan logistik yang lebih baik di pemilihan maupun pemilu berikutnya,“ ujar Ilham Saputra saat membuka rakor di Cianjur, Rabu (23/02/2020).

Dalam rakor tersebut, Pimpinan KPU RI lainnya, Arief Budiman menegaskan logistik memegang peranan penting dalam menyumbang kesuksesan penyelenggaraan pemilihan maupun pemilu. Melalui logistik juga suara pemilih yang berdaulat di transfer menjadi hasil suara bagi calon terpilih yang akan menduduki kursi eksekutif maupun legislatif. 

“Jadi jika kita tidak bisa menyediakan logistik tepat waktu dan tidak berkualitas maka kedaulatan pemilih akan terganggu. Maka penting sekali menyediakan logistik yang berkualitas, tepat waktu, tepat guna,” ujar Arief.

Arief pun mengingatkan agar jajarannya selalu terbuka kepada semua pihak. 

“Transparan atas semua kinerja juga akan membantu KPU terhindar dari kecurigaan serta penyalahgunaan informasi oleh pihak yang tidak bertanggungjawab,” tegasnya.

Dikesempatan selanjutnya Anggota KPU RI Evi Novida Ginting Manik serta Viryan berpesan agar KPU provinsi, KPU kab/kota mulai menyiapkan diri merencanakan pemilu mendatang dengan tepat regulasi, distribusi, tepat pengadaan.

Sementara itu Sekretaris Jenderal (Sekjen) KPU RI Bernad Dermawan Sutrisno berharap hasil dari rakor evaluasi logistik ini tidak hanya bermanfaat untuk kepentingan internal saja tetapi juga dapat bermanfaat bagi sesama penyelenggara pemilu sebagai catatan dalam mengatur atau membuat peraturan. (hupmas/ lyn)