Evaluasi Pengendalian Intern, KPU Kabupaten Kediri Ikuti FGD Pelaporan SPIP

Evaluasi Pengendalian Intern, KPU Kabupaten Kediri Ikuti FGD Pelaporan SPIP
Sekretaris Bekti Rochani mengikuti Fokus Group Discussion (FGD) Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) secara virtual

Kediri, kpu-kedirikab.go.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri mengikuti Fokus Group Discussion (FGD) Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) yang diselenggarakan KPU Provinsi Jawa Timur. Forum yang dilaksanakan secara virtual tersebut rencananya dilaksanakan selama 2 hari.Rabu - Kamis, (2-3/6/21). 

Kegiatan tersebut diikuti Divisi Hukum dan Pengawasan, Sekretaris, Subkoordinator Hukum, dan didampingi Operator SPIP bersama 38 satker KPU Kabupaten/Kota Se Jawa Timur.

Pada arahannya Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Jatim, Muhammad Arbayanto, menyampaikan bahwa SPIP merupakan menjadi satu bagian penting dalam konteks organisasi dan sejatinya KPU telah melakukannya, terutama pada masa tahapan Pemilihan maupun Pemilu.

“Misalkan pada tahapan yang lalu, KPU telah melakukan identifikasi permasalahan, setelahnya menyusun Standard Operating Procedure (SOP), dan kemudian ditindaklanjuti dengan berbagai langkah strategis untuk meminimalisir persoalan. Ini merupakan contoh praktik pengendalian intern pemerintah sudah berlangsung” ungkap Arba.

Sementara itu Sekretaris KPU Kabupaten Kediri, Bekti Rochani turut menambahkan bahwa dengan diadakan FGD, kita menjadi lebih tahu apa kekurangan kita dalam menyampaikan laporan SPIP ini, sehingga kedepan kekurangan - kekurangan dalam pelaporannya dapat dibenahi.

“SPIP ini penting sebagai bahan evaluasi pengendalian organisasi dan bentuk pemenuhan akuntabilitas lembaga” tuturnya.

Dalam kegiatan ini peserta akan dibekali materi dan diberikan soal terkait SPIP guna mengukur tingkat pemahaman peserta dengan pretest dan posttest, harapannya ada peningkatan pemahaman antara sebelum dan sesudah FGD ini berlangsung. (pnj)