Hadiri Seminar International Penataan Ulang Rekapitulasi Suara Elektronik di Pemilu Mendatang, KPU Kab Kediri siap untuk menyongsong masa depan Pemilu di era Teknologi Informasi

Hadiri Seminar International Penataan Ulang Rekapitulasi Suara Elektronik di Pemilu Mendatang, KPU Kab Kediri siap untuk menyongsong masa depan Pemilu di era Teknologi Informasi

Kediri, kpu-kedirikab.go.id - Network for Democracy and Electoral Integrity (NETGRIT) bekerja sama dengan The International Institute for Democracy and Electoral Assistance (The International IDEA) mengadakan sebuah seminar kepemiluan pada Rabu (01/09/2021) yang berjudul “Menata Ulang Penggunaan Rekapitulasi Perolehan Suara Elektronik di Pemilu Indonesia ke Depan” KPU Kabupaten Kediri melalui Plt Sub Koordinator Teknis dan Hupmas, Bintang Fajar AdiSatria mengikuti seminar bertaraf internasional tersebut  via daring Zoom.

Pada kesempatan ini disampaikan secara intensif mengenai penggunaan teknologi informasi dalam rekapitulasi suara pada pemilu dengan menggunakan rekapitulasi elektronik, diantaranya berguna dalam meningkatkan akurasi dan meminimalisir adanya kesalahan penghitungan yang tidak sengaja dalam menulis. Tidak hanya disitu saja fungsi rekapitulasi elektronik ini dapat meringankan beban kerja para penyelenggara Pemilu hingga dapat bekerja secara efektif dan efisien.

Penyampaian secara transparan baik pada proses hingga publikasi mampu dijadikan sebagai sarana untuk melakukan kontrol dan juga menjadi ruang partisipasi publik dalam sebuah Pemilu maupun Pemilihan. Dalam kesempatannya Hadar Nafis Gumay yang didapuk menjadi narasumber menyampaikan betapa pentingnya hasil olahan dari Hasil Pemilu menjadi sebuah informasi yang dipublikasikan secara cepat dan tepat kepada publik.

Mengingat pemilu di Indonesia adalah salah satu penyelenggaraan Pemilihan yang rumit di Dunia, dengan adanya penggunaan teknologi ini mampu melakukan eliminasi hambatan-hambatan dari sebuah stigma sebagai pemilihan yang rumit di dunia. Melihat antusiasme masyarakat penggiat Pemilu, hingga para penyelenggaranya acara seminar kepemiluan bertaraf internasional ini sayang untuk dilewatkan begitu saja.  (Bint)