Hari Lahir Pancasila, Presiden Sampaikan Perkokoh Nilai Pancasila Dalam Berbangsa

Hari Lahir Pancasila, Presiden Sampaikan Perkokoh Nilai Pancasila Dalam Berbangsa
Secara Virtual. Presiden Jokowi memimpin upacara Hari Lahir Pancasila. Bogor (1/6)

Kediri, kpu-kedirikab.go.id - Awal bulan Juni setiap tahunnya tepatnya pada tanggal 1 Juni, diperingati sebagai hari kelahiran Pancasila. Dalam pelaksanaan peringatan hari lahir Pancasila di tengah masa pandemi Covid-19, diselenggarakan secara daring. 

Upacara peringatan hari kelahiran Pancasila ini dihadiri oleh seluruh kementerian dan lembaga, pemerintah pusat maupun daerah hingga seluruh elemen masyarakat hadir mengikuti upacara tersebut. Termasuk KPU Kabupaten Kediri, dimana seluruh Komisioner dan Sekretariat mengikuti upacara yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo secara virtual melalui kanal youtube BPIP ( Badan Pembinaan Ideologi Pancasila ).

Presiden mengatakan bahwa Peringatan Hari Lahir Pancasila adalah momentum untuk mengokohkan nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Peringatan Hari Lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni harus benar-benar kita manfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, dalam berbangsa, dan dalam bernegara,” ujarnya saat menyampaikan amanat pada upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021, Selasa (01/06/2021) 

Kepala negara juga menyampaikan tantangan Pancasila dalam era globalisasi tidaklah ringan, salah satunya adalah rivalitas yang meningkat antar ideologi. “Globalisasi dan interaksi antar belahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan. Yang harus kita waspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetisi, termasuk rivalitas antar pandangan, rivalitas antar nilai-nilai, dan rivalitas antar ideologi,” ujarnya.

Selain itu dengan pesatnya kemajuan teknologi, berkembangnya ilmu pengetahuan serta memasuki era revolusi industri 4.0 disaat konektivitas saluran 5G melanda dunia, tidak menutup kemungkinan derasnya arus ideologi transnasional radikal dapat merangsek ke daerah pelosok Indonesia yang dapat mengancam setiap saat. Sehingga diperlukan cara-cara perluasan dan pendalaman nilai-nilai Pancasila tidak bisa dilakukan dengan cara biasa.

Presiden mengajak seluruh elemen bangsa bersama-sama memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan cita-cita Indonesia maju.

“Saya mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia, dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia Maju yang kita cita-citakan. Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila, selamat membumikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” pungkasnya.  (bin/pnj)