Himpun Gagasan- Gagasan Terbaik, Kemendagri Fokus Hadirkan Calon Anggota KPU RI dan Bawaslu RI Berintegritas Periode 2022-2027

Himpun Gagasan- Gagasan Terbaik, Kemendagri Fokus Hadirkan Calon Anggota KPU RI dan Bawaslu RI Berintegritas Periode 2022-2027

Kediri, kpu-kedirikab.go.id - Rabu (13/10/2021) via kanal Youtube Ditjen Politik Dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri mengikuti Webinar bertema Mencari Calon Anggota KPU RI dan Bawaslu RI Periode 2022-2027 Menuju Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 di Tengah Pandemi Covid-19.

Pada sambutan pembuka Direktur Jenderal (Dirjen) Pol & PUM Kemendagri Bahtiar menyampaikan tema ini merupakan bagian dari upaya Kemendagri untuk menggerakkan agenda nasional, yaitu melakukan seleksi calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) periode 2022-2027.

“Kegiatan ini merupakan wujud Kemendagri untuk menyaring pemikiran - pemikiran terbaik demi menghadirkan partisipasi masyarakat seluas-luasnya terkait dengan agenda nasional ini,” kata Bahtiar.

Lanjut Bahtiar, pemilu dan pemilihan kepala daerah tidak bisa berdiri sendiri, ia terkait langsung dengan lembaga-lembaga dan otoritas lainnya. Walaupun dalam keputusannya mandiri atau independen namun dalam pelaksanaannya sangat terikat dengan yang lain. 

“Dengan situasi negara saat ini yang berbeda dengan tahun-tahun lalu, kita hendak mencari calon anggota KPU Bawaslu yang bukan hanya memahami wawasan teknis kepemiluan, namun juga yang mampu mengubah proses dan tahap penyelenggaraan pemilu pada tahun 2024 menjadi sarana instrumen dalam suasana covid-19 serta paham terhadap dampak dan solusinya. Hari ini keselamatan negara dan keselamatan masyarakat adalah diatas segalanya. Untuk penyelenggaraan yang lainnya termasuk di bidang ekonomi, politik sosial, budaya, termasuk penyelenggaraan pemilu harus bisa menyesuaikan dengan keadaan saat ini supaya negara ini bertahan sebagai bangsa,” jelas Bahtiar. (na/pnj)