Ikuti Rakor dengan KPU Jatim, KPU Kediri Laporkan PAW di Wilayahnya

Ikuti Rakor dengan KPU Jatim, KPU Kediri Laporkan PAW di Wilayahnya
Tangkapan Layar Rapat Koordinasi PAW Anggota DPRD Pemilu Tahun 2019. Kamis (8/7)

Kediri, kpu-kedirikab.go.id - Pukul 10.00 WIB. KPU Kediri mengikuti Rapat Koordinasi Penggantian Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD Kabupaten/ Kota Hasil Pemilu Tahun 2019 secara virtual yang diadakan KPU Provinsi Jatim dengan diikuti 38 KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. Pada acara yang digelar pada Kamis (08/07/2021). KPU Kediri diwakili Divisi Teknis Penyelenggaraan, Anwar Ansori dan Subkoordinator TekMas Bintang Fajar. 

Rapat dimoderatori Koordinator Hukum, Teknis, dan Hupmas KPU Jatim, Yulyani Dewi dengan Pemateri Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Jatim, Insan Qoriawan yang memimpin jalannya koordinasi dari kediaman masing-masing begitupun dengan para peserta.

Koordinasi dibuka oleh Ketua KPU Jatim Choirul Anam dalam sambutannya Anam menyampaikan proses PAW tidak hanya sekedar proses administrasi tapi ada proses politik, dimana melibatkan seluruh aktor pemilu.

“Teman-teman perlu memahami regulasi secara utuh dan harus teliti mengenai PAW ini sehingga mengurangi resiko yang kemungkinan ditimbulkan,” kata Anam.

Anam mengingatkan agar PAW tidak dipandang remeh atau sederhana karena terkadang PAW sarat akan kepentingan, sedangkan KPU diwajibkan untuk netral dan harus menjalankan regulasi dengan sebaik-baiknya agar kedepan KPU tidak dipermasalahkan.

Sementara itu, Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Jatim, Insan Qoriawan mengungkapkan setidaknya sudah 8 kali KPU Jatim melakukan PAW dan semua berjalan normal sesuai regulasi.

“Proses Penggantian Antar Waktu (PAW) ini terjadi karena ada yang mengundurkan diri menjadi menteri, ada yang mengundurkan diri karena menjadi calon kepala daerah, dan ada yang meninggal dunia. Dari 8 kali penggantian ini hampir tidak ada masalah apapun. Karena semua dilakukan sesuai dengan regulasi yang ada, proses penggantiannya normal dan prosesnya juga normal,” Ungkap Insan.

 

Rakor Mekanisme PAW Anggota DPRD Kabupaten/ Kota Hasil Pemilu Tahun 2019 dilanjutkan dengan tiap - tiap KPU Kabupaten/Kota menyampaikan laporan PAW di wilayahnya dan sampai berita ini diterbitkan rapat koordinasi masih berlangsung. (pnj)