Jadi Pilot Project Pembangunan Zona Integritas, KPU Jatim Siap Hadirkan Pelayanan Bersih dan Berkualitas

Jadi Pilot Project Pembangunan Zona Integritas, KPU Jatim Siap Hadirkan Pelayanan Bersih dan Berkualitas

Kediri, kab-kediri.kpu.go.id - Rabu (16/2/2022) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri mengikuti Kick Off Pembangunan Zona Integritas secara serentak bersama 38 KPU Kabupaten/ Kota se-Jawa Timur yang diadakan oleh KPU Provinsi Jawa Timur.

Hadir mengikuti kegiatan Ketua KPU Ninik Sunarmi, bersama dengan Anggota Divisi Hukum dan Pengawasan Agus Hariono, dan Anggota Divisi Sosdiklih, SDM, dan Parmas Nanang Qosim.

Berlangsung pukul 10.00 WIB Penandatanganan Piagam Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani ini turut disaksikan Forkopimda dari Kabupaten/ Kota se-Jawa Timur.

Inspektur Utama KPU RI, Nanang Priyatna dalam sambutannya menyampaikan jika Zona Integritas (ZI) merupakan miniatur pembangunan reformasi birokrasi di unit kerja. “Pembangunan ZI dilakukan dengan membangun percontohan pada tingkat unit kerja di lingkungan instansi pemerintah untuk menuju WBK dan WBBM,” ucap Nanang.

Nanang mengungkapkan mulai tahun 2020 sampai 2021, unit-unit kerja yang diusulkan KPU ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) terkait pembangunan ZI WBK/ WBBM (Wilayah Bebas dari Korupsi/ Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani) belum ada yang disetujui. 

“Harapannya setelah ini KPU Provinsi Jatim dapat menjadi salah satu unit kerja yang dapat direkomendasikan untuk masuk kedalam kriteria yang diminta Kemenpan-RB,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua KPU Jatim, Choirul Anam menyampaikan sebagai institusi pemerintah yang ditunjuk sebagai pilot project reformasi birokrasi, KPU Provinsi Jatim mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM di wilayahnya, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan.

"Maka dari itu dibangunlah Zona Integritas sebagai strategi percepatan dalam memberikan pelayanan yang efektif dan efisien kepada masyarakat," tuturnya.

Implementasi ZI KPU pun dimulai dengan Penandatanganan Piagam Pembangunan Zona Integritas yang dilaksanakan secara serentak dengan disaksikan Forkopimda dari Kabupaten/ Kota se-Jawa Timur secara virtual.

Selamat Datang di Zona Integritas KPU Provinsi Jawa Timur. Wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani.