Ketatkan Keamanan Pengguna Aplikasi, KPPN Kediri Undang KPU Bahas Aktivasi OTP Sakti

Ketatkan Keamanan Pengguna Aplikasi, KPPN Kediri Undang KPU Bahas Aktivasi OTP Sakti
Sekretaris Bekti Rochani mengikuti Undangan KPPN Kediri dalam Rapat terkait SAKTI

Kediri, kpu-kedirikab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri mengikuti Vidcon Pendaftaran User/Pengguna SAKTI dalam rangka implementasi aplikasi Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) Web Full Modul yang diselenggarakan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kediri. Jumat, 21/05/2021. pukul 08.30 WIB.

Hadir mengikuti kegiatan tersebut KPA (Kuasa Pengguna Anggaran), PPSPM (Pejabat Penandatangan Surat Perintah Membayar), Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) didampingi Operator dari 10 Satker Lingkup Wilayah KPPN Kediri.

Kegiatan ini dibimbing oleh Harsih dari KPPN Kediri, Ia menyampaikan bahwa dengan perkembangan Sistem saat ini maka perlu ada pengamanan yang lebih, sehingga user pengguna yang berkecimpung dengan pelaporan dan input data keuangan menggunakan aplikasi SAKTI lebih terjamin keamanannya, terlebih lagi sistem keamanan ini menggunakan One Time Password (OTP) yang disinkronkan dengan No.Hp tiap User.

“Dengan OTP ini, ibaratnya menggunakan pengamanan yang terbaik, dengan autentifikasi yang terhubung dengan data pribadi suatu sistem akan sulit untuk dihack atau dibajak,” tuturnya.

Hal ini menindaklanjuti surat Perdirjen Perbendaharaan No: PER-16/PB/2020 tentang Hak Akses Pengguna dan Pengamanan Secara Elektronik Dalam Piloting Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi dan Kepdirjen Perbendaharaan No: KEP-264/PB/2020 tentang Pelaksanaan Penggunaan One Time Password dalam Piloting Sistem Aplikasi  Keuangan Tingkat Instansi. (pnj)