Ketua KPU Jatim Hadir Langsung di Pleno Rekapitulasi Suara PILBUP Kediri Tahun 2020

Ketua KPU Jatim Hadir Langsung di Pleno Rekapitulasi Suara PILBUP Kediri Tahun 2020
Foto : Ketua KPU Jatim, Choirul Anam saat monitoring Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Pemungutan dan Penghitungan Suara Tingkat Kecamatan di Kandangan, Jum'at (11/12/2020).

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri,  kpu-kedirikab.go.id – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur (Jatim) menghadiri secara langsung pelaksanaan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Pemungutan dan Penghitungan Suara Tingkat Kecamatan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (PILBUP) Kediri Tahun 2020.

Sabtu (11/10/2020) sore, sekira pukul 15.00 WIB bertempat di Balai Kecamatan Kandangan, Ketua KPU Jatim, Choirul Anam, menyaksikan langsung jalannya proses rekapitulasi suara tingkat kecamatan. Turut mengawal Ketua KPU Jatim yaitu Ketua KPU Kabupaten Kediri Ninik Sunarmi serta Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan Agus Hariono.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Jatim, Choirul Anam mengingatkan kepada KPU Kabupaten/ Kota agar melaksanakan tahapan rekapitulasi ini sesuai dengan prosedur.

“Mengingat Pemilihan Serentak Tahun 2020, kita menggunakan alat bantu berupa Sirekap. Meskipun demikian, penggunaan alat bantu dalam aplikasi Sirekap tetap penting diperhatikan,” ujar Choirul Anam, Jum'at (11/10/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Ketua KPU Jatim juga memberikan apresiasi atas peningkatan partisipasi pemilih di Kabupaten Kediri.

“Kami mengapresiasi peningkatan partisipasi pemilih di Kabupaten Kediri, meskipun Pemilihan di masa Bencana Non Alam Covid 19. Semoga pelaksanaan Pemilihan Serentak Tahun 2020 di Kediri tidak menciptakan klaster baru,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Kediri, Ninik Sunarmi membeberkan bahwa pemilihan Tahun 2020 ini, meskipun digelar saat pandemi tetap aman. Tidak sampai menjadikan kluster baru Covid-19.

“Alhamdulilah pemilihan berjalan aman dan sukses. Masyarakat telah disiplin mematuhi protokol kesehatan Covid-19 sehingga tidak ada kluster baru yang muncul setelah pemilihan,” tuturnya.

Rekapitulasi tingkat kecamatan ini dijadwalkan akan berlangsung selama 3 hari dimulai tanggal 11-13 Desember 2020. Rekapitulasi dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian penyebaran Covid-19. Diawali dengan pemeriksaan suhu tubuh tetap menggunakan masker, cuci tangan dengan sabun/ handsanitazer, keharusan jaga jarak serta pembatasan jumlah orang untuk menghindari kerumunan. (hupmas/ lyn)