Ketua KPU RI : Pendidikan Pemilih merupakan Komitmen dan Tanggung Jawab KPU

Ketua KPU RI : Pendidikan Pemilih merupakan Komitmen dan Tanggung Jawab KPU
Ketua KPU RI, Ilham Saputra memberikan sambutan pada webinar DP3

Kediri, kpu-kedirikab.go.id - Jum’at (03/09/2021) via kanal Youtube KPU-RI, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri mengikuti seri 1 Webinar Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) dengan tema “Demokrasi, Pemilu, dan Partisipasi”.  Program ini merupakan wujud dari komitmen dan tanggung jawab KPU dalam melaksanakan pendidikan pemilih berkelanjutan.

Ketua KPU RI, Ilham Saputra dalam sambutannya memberikan apresiasi atas hadirnya program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan serta berharap program ini bisa didukung oleh para pihak dan dapat berkesinambungan.

“Program Desa Pemilu dan Pemilihan ini juga agar kemudian menegaskan bahwa kita berharap nanti masyarakat paham akan demokrasi substansial, masyarakat bisa berpikir kritis, berpartisipasi sebagai penyelenggara pemilu, berpartisipasi melaporkan potensi pelanggaran yang dilakukan oleh siapapun dalam penyelenggara pemilu dan pemilihan,” ujar Ilham.

Lanjut Ilham, semua yang terkait dengan program DP3 ini berharap agar kegiatan ini dapat menjadi program baku, baik dimasa tahapan maupun tidak, karena KPU ingin meningkatkan partisipasi pemilih, bukan pemilih yang hanya asal memilih, tapi pemilih yang rasional, pemilih yang memilih karena visi dan misi, pemilih yang memilih dengan melihat rekam jejak paslon yang dipilih, dan pemilih yang sadar bahwa siapa yang dipilih dapat menentukan kehidupannya selama 5 tahun kedepan. (pnj)